• banner7

    Deteksi Dini TBC pada Suku Laut Dusun Tembok Desa Mentuda - Lingga

  • bannerbig3

    Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak Rubella Agustus-September 2018

  • bannerbig1

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 oleh Bapak Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig2

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat  Kabupaten Bintan Tahun 2018 oleh Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Lindungi buah hati dan keluarga....Mari Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Provinsi Kepulauan Riau ....1 Agustus - 30 September 2018.. ...untuk anak berusia 9 bulan - 15 tahun...di seluruh Pos Imunisasi MR (Sekolah dan Fasyankes)

Mengenal Lebih Dekat Jenis Ruang Perawatan di Rumah Sakit.

Ruang ICU

Ilustrasi Ruang ICU (Intensive Care Unit) 

Rumah sakit adalah salah satu fasilitas publik yang tak pernah berhenti beroperasi dalam 1 x 24 jam. Tempat ini tentu sudah tidak asing lagi dalam kehidupan manusia. Meski sering mengunjungi rumah sakit, Beberapa dari kita mungkin belum mengetahui perbedaan antara UGD, IGD, ICU, ICCU, HCU, NICU, dan PICU.

 

Istilah-istilah seperti UGD, IGD, ICU, ICCU, HCU, NICU dan PICU sering kali kita temui di Rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta. Sayangnya, banyak dari kita yang masih bingung apa perbedaan dan fungsi dari jenis fasilitas ruang perawatan ini. Jika Anda salah satunya, ulasan berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk memahami perbedaan UGD, IGD, ICU, ICCU, HCU, NICU dan PICU

UGD dan IGD

Biasanya, bagian ini berada di area terdepan dari rumah sakit, sehingga tentu saja kita sudah cukup familiar dengan bagian ini. UGD (unit gawat darurat) dan IGD (instalasi gawat darurat) adalah ruangan untuk menangani pasien gawat darurat. UGD memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibanding IGD.

Biasanya UGD terdapat di rumah sakit kecil sementara IGD berada di rumah sakit yang lebih besar dengan dokter jaga yang juga lebih banyak. Dokter jaga di UGD biasanya adalah dokter umum. Sedangkan dokter jaga di IGD biasanya tak hanya melibatkan dokter umum saja, namun juga dokter spesialis

Terkait alur penanganan pasien, baik di UGD maupun IGD pada prinsipnya sama. Pasien gawat darurat yang datang akan langsung mendapatkan penanganan dari dokter hingga kondisi stabil atau stasioner lalu dipindahkan ke ruang rawat yang telah ditentukan oleh dokter.

 

ICU (Intensive Care Unit) 

Ruang ICU atau Intensive Care Unit adalah ruangan khusus yang disediakan rumah sakit untuk merawat pasien dengan penyakit atau cedera serius. Untuk membantu memulihkan kondisi pasien, ruang ICU dilengkapi dengan peralatan medis khusus. Selama berada di dalam ruang ICU pasien akan dipantau selama 24 jam penuh oleh dokter, perawat, dan staf khusus dari rumah sakit yang sudah kompeten. Untuk membantu memantau kondisi pasien secara lebih detail, pasien akan terhubung dengan peralatan medis melalui selang atau kabel. Penjagaan di ruang ICU sangat ketat agar kondisinya dapat dipantau dengan baik dan pasien bisa beristirahat dengan tenang. Ruang ICU juga dijaga agar selalu steril untuk mengurangi risiko penularan infeksi.

 

ICCU (Intensive Coronary Care Unit)

ICCU Intensive Coronary Care Unit (ICCU) sebetulnya sama dengan ICU namun khusus untuk gangguan jantung. ICCU adalah unit perawatan intensif untuk penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner, serangan jantung, gangguan irama jantung yang berat, gagal jantung. Pasien biasanya dalam kondisi yang tidak stabil dan membutuhkan penanganan segera serta perhatian penuh dari tim medis serta perawat yang sangat terlatih.

 

HCU (High Care Unit)

High Care Unit (HCU) adalah unit pelayanan di Rumah Sakit bagi pasien dengan kondisi stabil dari fungsi respirasi, hemodinamik, dan kesadaran namun masih memerlukan pengobatan, perawatan dan pemantauan secara ketat. Tujuannya ialah agar bisa diketahui secara dini perubahan-perubahan yang membahayakan, sehingga bisa dengan segera dipindah ke ICU untuk dikelola lebih baik lagi. Pelayanan HCU adalah tindakan medis yang dilaksanakan melalui pendekatan tim multi disiplin yang dipimpin oleh dokter spesialis yang telah mengikuti pelatihan dasar-dasar ICU. Pelayanan HCU meliputi pemantauan pasien secara ketat, menganalisis hasil pemantauan dan melakukan tindakan medik dan asuhan keperawatan yang diperlukan.

 

NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

NICU (Neonatal Intensive Care Unit) adalah unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir yang memerlukan perawatan khusus misalnya berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna, prematur, mengalami kesulitan dalam persalinan, menunjukkan tanda tanda mengkuatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan. Bayi-bayi yang baru lahir dan bermasalah dengan kesehatannya tidak boleh dibawa pulang, namun harus dirawat di ruang NICU. Selain bayi-bayi prematur, ruang NICU juga diisi dengan bayi-bayi yang lahir normal, sudah dibawa pulang namun perlu dirawat karena gangguan kesehatan serius.

 

PICU (Pediatric Intensive Care Unit).

PICU merupakan fasilitas atau unit terpisah di RS yang dirancang untuk penanganan penderita anak yang mengalami gangguan medis, bedah, dan trauma atau kondisi yang mengancam nyawa lainnya yang memerlukan perawatan intensif, observasi yang bersifat komprehensif, dan perawatan khusus.ICU diperuntukkan bagi bayi yang tidak diambil NICU serta anak hingga usia 18 tahun, atau bergantung kebijakan rumah sakit.

pasien yang masuk PICU umumnya yang mengalami gangguan atau potensi gangguan respirasi berat, kardiovaskular, ginjal dan saluran kemih, kelainan neurologis, hematologi, onkologi, endokrin, metabolik, saluran cerna, keracunan atau overdosis obat, gagal organ multipel, trauma elektrik, serta kondisi pascabedah yang mengancam nyawa dan membutuhkan pemantauan ketat tanda vital dan sistem organ.

Video Promosi Kesehatan

6 Poin Mudik Sehat dan Aman, No 2. Sering terlupa dilakukan

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech