• Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Revitalisasi Posyandu, Dinkes Kepri Lakukan Pembinaan Pokjanal Posyandu dan Berikan Penghargaan Kepada Kader Berprestasi

Revitalisasi Posyandu

Sejalan dengan perkembangan posyandu dewasa ini, yang dilakukan melalui pengintegrasian berbagai layanan dan pelayanan yang disesuaikan dengan situasi, kondisi kebutuhan masyarakat, dan budaya setempat (kearifan lokal). Posyandu sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wadah yang sangat strategis dalam menyampaikan berbagai program dan kegiatan, khususnya dimasa pandemi ini, karena tujuan dan sasarannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembentukan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Posyandu (Pokjanal Posyandu),  Pokjanal Posyandu yang berdiri mulai dari level Pusat, Provinsi Kabupaten dan Kota serta kecamatan, sampai kepada Pokja Posyandu yang berkedudukan di tingkat kelurahan dan desa merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan perkembangan dan kualitas Posyandu. Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu, yang secara terbuka memfasilitasi pengembangan posyandu terhadap berbagai layanan dan pelayanan yang akan diberikan. Perlu ditinjau kembali terkait pelaksanaan kebijakan ini. Bagaimana kita mampu mengoptimalkan peran pokjanal posyandu di berbagai level dalam melakukan pembinaan dan pengembangan posyandu di Kabupaten Lingga. Jangan sampai Pokjanal Posyandu dibentuk tanpa kejelasan tugas dan fungsi.

Dalam kesempatan ini, diberikan apresiasi kepada 3 orang kader berprestasi dari Kabupaten Lingga, atas pengabdian dan sumbangsihnya yang dengan sukarela mengabdikan waktu, tenaga, dan fikiran demi kesehatan masyarakat disekitarnya. Hal ini pula hendaknya dapat memacu semangat dan motivasi dari kader-kader lainnya untuk terus mengabdi, berinovasi serta meningkatkan kapasitasnya demi kemajuan dan kemandirian posyandunya.

Untuk itu, kegiatan Penguatan SKN Melalui Pembinaan Pokjanal Posyandu Secara Berjenjang Dalam Rangka Revitalisasi Posyandu Sekaligus Pemberian Penghargaan Kepada Kader Berprestasi di Kabupaten Lingga Tahun 2021 ini, kita bersama-sama menyatukan langkah bersama dalam kelembagaan Pokjanal Posyandu, untuk mensinergikan pelaksanaan program dan kegiatan Pokjanal Posyandu di Kab. Lingga.

Diharapkan hasil yang diperoleh akan memudahkan dan menentukan pelaksanaan pembinaan serta pengembangan posyandu ke depan secara  tepat sesuai dengan kondisi dan situasi daerah kita. semoga Pokjanal Posyandu Kabupaten Lingga mampu memfasilitasi pelaksanaan posyandu secara berkesinambungan dalam pembinaan dan pengembangannya dengan pendekatan akses  layanan dan pelayananan sosial dasar masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan kepada para kader, tetaplah semangat dan tingkatkan kapasitas diri, agar mampu berbuat lebih dan bermanfaat bagi masyarakat disekitar. (MH)

Video Promosi Kesehatan

Langkah Cerdas Jaga Keamanan Pangan

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • Vaksin_Masyarakat.jpeg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech