• Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Pelacakan Kasus Gizi di Masa Pandemi

Pelacakan Kasus Gizi 2

Gambar : Pelacakan Gizi di Kabupaten Karimun

Dinas Kesehatan melalui seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat melakukan pelacakan gizi di Kabupaten Karimun, Hal ini guna mengantisipasi terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus gizi buruk serta untuk mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas terhadap status gizi masyarakat dan faktor-faktor yang mendukung serta masalah atau kendala yang dihadapi oleh petugas Kesehatan dalam melakukan pelacakan kasus gizi di wilayah kerja kab. Karimun.

Pelacakan Kasus Gizi di Karimun

Gambar : Seksi Kesga Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri melakukan Pelacakan Kasus Gizi di Kabupaten karimun

 

Mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, Hal ini tentunya cukup mengkhawatirkan, karena akibat wabah COVID-19, anak-anak yang menderita kurang gizi berpotensi semakin meningkat. Padahal, selain berperan bagi pemenuhan kebutuhan gizi dan tumbuh kembang anak, nutrisi harian dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seorang anak dan menentukan masa depan bangsa Indonesia.

Penanggulangan gizi dilakukan secara komprehensif mulai dari kegiatan promotif, preventif, dan kuratif. Kegiatan promotif mencakup pemantauan pertumbuhan, konseling ASI dan MP-ASI, pemberian kapsul vitamin A, pemberian tablet Fe bumil, promosi garam beryodium, skrining aktif, dan dibeberapa daerah telah diperkenalkan dengan Taburia serta PMT Bumil KEK. Apabila masih ada anak yang mengalami berat badan 2 kali penimbangan tidak naik atau anak kategori kurus, anak perlu diberikan PMT pemulihan untuk mencegah menjadi gizi buruk.

Untuk anak-anak yang ternyata telah mengalami gizi buruk, maka harus diberikan tatalaksana sesuai dengan standar karena risiko kematiannya sangat tinggi. Anak gizi buruk dengan komlikasi harus dirawat inap di rumah sakit atau di puskesmas perawatan atau di pusat pemulihan gizi atau TFC (Terapheutic Feeding Centre). Anak-anak gizi buruk yang tanpa komplikasi dapat dirawat jalan yaitu dirawat di rumah dengan pembinaan dan pendampingan dari petugas kesehatan. Selain itu Konseling gizi diperlukan dalam perawatan dan pengobatan anak gizi buruk, yaitu untuk mengubah kebiasaan/pola makan anak yang salah, sehingga anak tidak kembali pada keadaan gizi buruk. Nutrisionis/dietisien sebagai salah satu anggota tim asuhan gizi perlu melakukan praktek konseling gizi.

Cara untuk mencegah gizi buruk adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Mulai dari konsumsi buah dan sayuran, juga roti, nasi, atau kentang sebagai sumber karbohidrat. Kemudian, konsumsi sumber protein secara teratur, seperti susu dan produk olahan susu, daging, ikan, telur dan kacang-kacangan. Jangan anggap remeh terhadap kondisi gizi, terutama pada anak-anak. Dampak gizi buruk dapat memengaruhi tumbuh kembang anak hingga masa dewasa nanti.

 

-AD

 

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech