• Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

    Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Hindari Bermain Gadget Menjelang Tidur

Penggunaan Gadget sebelum tidur

Gambar : Penggunaan Gadget sebelum tidur (Foto: iStock)

Bermain Game, Streaming Drama Korea, Scrolling Instagram, chatting dengan gebetan, kepo story mantan… Ujung-ujungnya tidak bisa tidur hingga larut malam. Hal diatas Seolah-olah membuat kebutuhan akan gadget sudah berubah menjadi sebuah ketergantungan yang sangat susah untuk dilawan. Smartphone yang pada awalnya diciptakan untuk memberikan manfaat dan sebuah inovasi bagi seseorang. Namun, seringkali sang pemiliklah kurang bijak dalam memanfaatkannya. Sehingga bukan manfaat yang didapat, justru mudarat yang terjadi.

 

Dimanapun kita berada baik itu di kantor, di kelas, di café atau di sela-sela aktivitas, saat bosan bahkan tak jarang saat sedang mengendarai kendaraan masih memeriksa smartphone yang mana dapat mengancam jiwa dan keselamatan saat berkendara. Namun di antara semua kesempatan memeriksa smartphone, saat menjelang tidurlah yang hampir pasti dilakukan seseorang dan membuat lupa waktu.

Hal ini sejalan dengan Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, Dimana terdapat sekitar 48 persen orang di Amerika menggunakan gadget seperti smartphonetablet, atau laptop di atas tempat tidur. Aktivitas tersebut tidak akan membuat tubuh rileks lalu tertidur dengan sendirinya. Yang terjadi adalah hal sebaiknya yang akan berdampak buruk pada kualitas dan kuantitas tidur.

Cahaya biru yang dihasilkan telepon seluler akan merusak jam biologis tubuh sehingga mengganggu proses produksi hormon melatonin dalam tubuh—hormon tersebut berfungsi untuk mengatur siklus tidur seseorang. Yang terjadi adalah, Otak seseorang mulai memproduksi melatonin ketika ia siap tidur dan sinar biru dari smartphone mengganggu proses produksi tersebut.

Selain itu, Sebelum tidur seseorang setidaknya membutuhkan rentang waktu 30 menit hingga satu jam agar otak benar-benar beristirahat dan terbebas dari beban aktivitas. Bersantai di ranjang sambil bermain ponsel justru akan membuat sistem saraf emosi dalam tubuh tetap aktif. Alih-alih terlelap, tubuh malah terjaga dan menyebabkan insomnia.

Di sisi lain, tak normalnya waktu tidur dapat mengakibatkan turunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam melawan infeksi. Hal tersebut jelas dapat memengaruhi ketangguhan sistem imun bunda ketika ada penyakit yang merasuk ke tubuh. Mending kesempingkan gadget-nya deh dari pada sakit. Bisa lebih mahal pengobatannya.

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech