• Pelantikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

    Pelantikan Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Cegah COVID-19 di tempat kerja

Tempat kerja

Ilustrasi tempat kerja selama pandemi COVID-19 (Freepik)

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai macam persoalan serius di seluruh sektor lini kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Pariwisata, dan masih banyak sektor lain yang merasakan dampaknya. Pemerintah sudah secara resmi menetapkan wabah virus corona / Covid-19 sebagai bencana nasional. Penetapan ini dilakukan lewat penerbitan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional. Selain itu, Pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan khusus dengan menghimbau masyarakat untuk mengurangi sementara aktivitas-aktivitas yang menimbulkan kerumunan, seperti aktivitas pendidikan di sekolah, pekerjaan di perusahaan, kegiatan di ruang umum, hingga keagamaan di rumah ibadah.

Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto, merilis Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. Bagi para pekerja yang tidak memiliki opsi lain untuk terus bekerja diluar rumah atau diwajibkan untuk bekerja di kantor, maka akan timbul berbagai kekhawatiran akan keamanan terhadap penularan Covid-19. Lalu bagaimana pencegahan penularan Covid-19 baik itu saat perjalanan dari/ ketempat kerja, selama ditempat kerja dan saat tiba di rumah?

  • Saat Perjalanan dari/ke tempat kerja

Saat akan melakukan perjalanan ke tempat kerja pastikan tubuh dalam keadaan sehat, jangan paksakan pergi bekerja dalam keadaan sakit, segera periksa ke dokter atau menghubungi petugas kesehatan bila menemukan gejala Covid-19 yang mirip dengan gejala flu. Mulai dari demam, batuk kering, sakit tenggorokan, hingga pilek. Apabila terpaksa untuk menggunakan transportasi umum, maka harus memperhatikan untuk tetap jaga jarak, kurangi untuk menyentuh fasilitas umum, gunakan handsanitizer serta gunakan masker.

  • Selama ditempat kerja

Sesampainya di tempat kerja cucilah tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir sebab tanpa kita sadari saat perjalanan menuju tempat bekerja kita bisa saja telah menyentuh benda yang sudah terpapar virus Covid-19, biasakan untuk tidak bersalaman dengan para rekan kerja, Gunakanlah masker, dan tetaplah melakukan physical distancing (jaga jarak) minimal 1-2 meter. Sebelum memulai aktivitas terlebih dahulu untuk membersihkan meja / area disekitar tempat bekerja. Apabila tempat bekerja menggunkan lift, tekan tombol lift menggunakan siku atau benda lain.

  • Saat tiba di rumah

Jangan bersentuhan terlebih dahulu dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri, cucilah pakaian menggunakan detergen, bersihkan peralatan seperti handphone, kacamata, tas, jika diperlukan dan biasakan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan menerapkan dan membiasakan panduan diatas diharapkan dapat meminimalkan risiko dan dampak pandemi Covid-19 di tempat kerja, khususnya perkantoran dan industri. Tempat kerja menjadi tempat berpotensi menimbulkan penularan akibat berkumpulnya banyak orang dalam satu lokasi. Pekerja harus menerapkan prinsip hidup bersih sehat mulai dari rumah, di perjalanan ke dan dari tempat kerja, selama di tempat kerja, hingga saat tiba di rumah.

 

-AD

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech