• banner7

    Temui warga sakit, Gubernur Kepri langsung antar pasien ke Faskes.

  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Lindungi buah hati dan keluarga....Mari Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Provinsi Kepulauan Riau ....1 Agustus - 30 September 2018.. ...untuk anak berusia 9 bulan - 15 tahun...di seluruh Pos Imunisasi MR (Sekolah dan Fasyankes)

Mengapa stress dapat menimbulkan penyakit?

ThinkstockPhotos 200212196 001 1024x677

(Gambar : ThinkStock)

Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga menyebabkan tubuh merasa mudah lelah. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum.

 

Apa saja kondisi yang dapat menyerang tubuh, jika mengalami stress yang berkepanjangan?

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, tubuh akan lebih mudah terkena penyakit. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyerang jika mengalami stres berkepanjangan :

  1. Sakit kepala
  2. Diabetes
  3. Tekanan darah tinggi
  4. Gangguan tidur
  5. Stroke
  6. Obesitas
  7. Asma
  8. Depresi
  9. Penuaan dini
  10. Mudah terinfeksi
  11. Disfungsi Seksual
  12. Penyakit Jantung
  13. Asam lambung
  14. Penyakit Alzheimer

Bagaimana cara mengendalikan stress?

Stres bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Mulai dari penampilan, produktivitas kerja, dan tentunya kesehatan. Stres bisa membuat jadwal tidur  menjadi kacau. Esok harinya, akan tercipta lingkaran hitam pada mata, wajah lesu, dan pastinya membuat tidak semangat, bahkan tidak fokus dalam melakukan pekerjaan.

Stres akan selalu ada karena merupakan bagian dari hidup. Menghindari stres bisa dilakukan dengan cara mengelola stres dengan baik atau setidaknya jangan biarkan stres berlebihan. Kenali gejala stres dan pahami berbagai konsekuensi stres jangka panjang bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

  1. Jangan terlalu lama memendam perasaan

Memendam perasaan terutama perasaan yang mengganggu tidak baik bagi kesehatan dan bila  telalu lama disimpan akan menyebabkan stress. Lebih baik utarakan semuanya kepada orang yang dapat dipercaya atau psikolog. Setelah mengeluarkan semua unek-unek itu perasaan akan jauh lebiih baik

  1. Lakukan hobi yang positif tanpa paksaan.

Melakukan hobi yang positif dapat menimbulkan perasaan semangat, menghilangkan rasa bosan, dan mendatangkan kesenangan tanpa merasa terbebani. Contohnya bila sedang membuat benda-benda kerajinan tangan, seperi rajutan. Anda tidak peduli apakah hasil rajutan itu diminati oleh orang lain atau tidak. Yang penting adalah Anda merajutnya dengan senang hati tanpa ada paksaan atau aturan.

  1. Berikan waktu untuk bersosialisasi.

Bersosialisasi dapat mengenalkan pada suatu komunitas baru, teman baru, pengalaman baru, dan tentunya membuat kita bisa memaknai hidup dengan menjalani hari demi hari yang menyenangkan. Bagi orang yang super sibuk, meluangkan waktu di tengah padatnya jadwal dan janji pasti sangat sulit. Untuk itu, mulai sekarang usahakan untuk bersosialisasi.

  1. Olahraga

Selain membuat tubuh menjadii sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Satu cara yang sederhana dapat berupa berjalan kaki atau bersepeda mengitari komplek rumah. Selain itu, gerakan badan juga membuat otot tubuh aktif bekerja sehingga melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, aktivitas fisik ini merangsang tubuh agar lebih rileks.

Setiap orang memiliki cara melawan stres yang unik dan berbeda-beda. Cobalah atasi stres dengan cara-cara di atas. Jika kesulitan mencoba semuanya secara sekaligus, pilih satu atau dua cara yang paling nyaman dilakukan. Lakukan hal tersebut hingga menjadi kebiasaan. Jika tingkat stres berada di luar kemampuan untuk mengendalikannya, temui dokter atau lakukan konseling kepada psikolog.

Video Promosi Kesehatan

6 Poin Mudik Sehat dan Aman, No 2. Sering terlupa dilakukan

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech