• Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

    Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

  • Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

  • Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

    Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

  • Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Aula Gedung Kanwil DJPB Prov. Kepri, 24 Januari 2024

  • Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Aula Wan Seri Beni. Selasa, 02 Januari 2023

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

  • Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

    Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

  • Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Bapelkes Batam, 11 - 17 September 2023

  • Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Tanjungpinang, 11 - 13 September 2023

  • Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

    Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri saat berkunjung ke SMAN 1 Tanjungpinang.

  • Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan

    Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan.

    Bintan Pearl Beach Resort, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Terminal Sei.Carang, Tanjungpinang

  • Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Tanjungpinang, 20-22 Juli 2023

  • Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau  Batam, 03-07 Juli Tahun 2023

    Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

    Batam, 03-07 Juli 2023

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

  • Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

    Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

  • Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

    Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

Orientasi Pengelolaan Posyandu Dan Kunjungan Rumah Bagi Petugas Kab/Kota Tahun 2023

Orientasi Posyandu 1

Gambar : Orientasi Pengelolaan Posyandu Dan Kunjungan Rumah Bagi Petugas Kab/Kota Tahun 2023

Dengan semangat transformasi sistem kesehatan, Posyandu bukan hanya identik dengan balita saja, namun menyentuh ke semua siklus kehidupan, melayani mulai dari Ibu hamil, bayi dan balita, remaja, usia produktif hingga lansia. Posyandu berperan penting dalam menjaga kualitas kesejahteraan masyarakat disegala usia termasuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular, Peningkatan Ekonomi masyarakat, Peningkatan Literasi Kesehatan, dan Konseling Keluarga dalam memberdayakan perempuan dan perlindungan anak. Program pengembangan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah.

Orientasi Posyandu 2

Pelayanan kesehatan primer di Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan oleh 93 Puskesmas yang tersebar di 7 Kabupaten Kota dan di 299 desa dan kelurahan. Dengan demikian jaringan maupun jejaring puskesmas antara lain Puskesmas Pembantu (Pustu), Polindes, Poskesdes, dan Posyandu perlu mendapatkan penataan dan peningkatan kapasitas. Penataan kelembagaan dan pelayanan kesehatan di tingkat desa/kelurahan dilakukan terintegrasi dalam satu wadah yaitu posyandu sebagaimana amanah Undang- Undang Desa untuk memanfaatkan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan Posyandu dalam memberikan layanan sosial dasar kepada masyarakat. Tahun 2022, sebanyak 1467 Posyandu Provinsi Kepulauan Riau telah terbukti membantu pemerintah dalam mewujudkan tingkat derajat kesehatan. implementasi posyandu perlu dilakukan secara terintegrasi, berkesinambungan dan memenuhi standar .

Berdasarkan penjelasan diatas Dinas Kesehatan Provinsi Kepualauan Riau melaksanakan Orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah Bagi Petugas Kab/Kota Tahun 2023 yang diselenggarakan di Aston Hotel Tanjungpinang pada 21 s/d 25 gustus 2023. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 30 orang yang berasal dari Lintas Program di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau 6 orang, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 13 orang, Perwakilan Dinas PMD Kab/Kota sebanyak 7 orang dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kota se-Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 4 orang.

Materi pendukung yang disajikan : Pengelolaan Posyandu, Layanan Dasar Posyandu bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Layanan Dasar Posyandu bagi Bayi dan Balita, Layanan Dasar Posyandu bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja, Layanan Dasar Posyandu bagi Masyarakat Usia Produktif dan Lanjut Usia, Komunikasi Efektif, dan Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Praktek Kerja Lapangan (PKL) berlokasi di 3 Posyandu yaitu Posyandu Senggarang Permai, Posyandu Hangtuah Mnadiri dan Posyandu Saliara. Metode kegiatan yang digunakan pada kegiatan ini adalah Pre Test dan Post Test, Ceramah, Curah pendapat dan tanya jawab, Role Play dan bermain peran, Praktek dan simulasi, Praktek Lapangan dan Rencana Tindak Lanjut rencana kedepannya.

Pelaksanaan pelatihan/orientasi bagi kader dilakukan di Posyandu atau di Puskesmas, oleh Penanggungjawab Program Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan dan atau Puskesmas, melalui koordinasi dengan lintas program dan lintas sektor terkait. Setelah kader mengikuti pelatihan/orientasi keterampilan dasar kader, dilanjutkan dengan pemberian tanda kecakapan, berdasarkan hasil penilaian oleh Tenaga Kesehatan Puskesmas/Dinas Kesehatan. Penilaian dilakukan pada saat pendampingan pelayanan kader pada hari buka Posyandu, kunjungan rumah, saat bertugas di Pustu menggunakan daftar tilik sehingga dapat ditentukan kategori kader purwa, kader madya maupun kader utama.

Kegiatan Orientasi ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Posyandu di Provinsi Kepulauan Riau agar memenuhi standar sehingga dapat mencetak kader-kader berkualitas dalam kategori Purwa, Madya bahkan Kader Utama yang mampu memberikan pelayanan terintegrasi dan prima kepada masyarakat. Melalui kegiatan Orientasi Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah Bagi Petugas Kab/Kota Tahun 2023. (Monik - Promkes)

Link Terkait

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech