Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Evaluasi Hasil Monitoring Pendamping Akreditasi Puskesmas PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 23 November 2017 19:49

 

Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Pertemuan Koordinasi & Evaluasi Hasil Monitoring Bagi Pendamping Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, di Aston Hotel Tanjungpinang (14/8). Menghadirkan narasumber dari Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Dr.H.Tjetjep Yudiana, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, langkah kedepannya kita mempersiapkan puskesmas untuk dapat di Akreditasi sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 pasal 39 ayat 1 yang mewajibkan Puskesmas untuk dapat diakreditasi setiap 3 tahun sekali untuk meningkatkan mutu Puskesmas.


 

Gambar : Pembukaan Acara oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

“Pertemuan ini mari kita sama-sama menetapkan target, menyamakan persepsi, mengidentifikasi masalah dan kendala serta berdiskusi saling berbagi informasi dan pengalaman terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim Pendamping Kabupaten/Kota Angkatan pertama, dalam rangka persiapan akreditasi Puskemas apakah sudah benar atau masih ada hal-hal yang kurang paham atau hal yang keliru yang bisa langsung kita perbaiki. Karena keberhasilan Puskemas dalam meraih status akreditasi sangat tergantung pada kegiatan pendampingan yang dilakukan”, kata Tjetjep Yudiana

Pada tahun 2017 ini Jumlah Puskesmas di Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilakukan survey penilaian akreditasi sesuai dengan Roadmap Akreditasi Puskesmas Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017 sebanyak 25 Puskesmas. Dari 25 Puskesmas tersebut baru 3 Puskesmas yang dilakukan penilaian Akreditasi dengan hasil satu Puskesmas dengan tingkatan Madya (Puskesmas Sekupang Kota Batam) dan satu Puskesmas dengan Tingkatan Utama (Puskesmas Sei Jang Kota Tanjungpinang), dan untuk satu Puskesmas lagi yaitu Puskesmas Kampung Bugis Kota Tanjungpinang belum keluar hasilnya. Jadi sampai dengan Akhir Desember tahun 2017 ini ada 23 Puskesmas lagi yang belum dilakukan penilaian Akreditasi. Ini menjadi tugas kita bersama agar ke 23 Puskesmas tersebut bisa diakreditasi pada tahun 2017 ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Jumlah Puskesmas yang akan disurvei setiap tahun kita harapkan agar semakin meningkat sehingga bisa mencakup sebanyak 74 buah puskesmas sesuai dengan Roadmap Akreditasi, karena target kita sampai dengan Tahun 2019 semua Puskesmas di Prov.Kepri sudah di akreditasi. Kendala utama memang masalah dana. Karena dana DAK Nonfisik yang diluncurkan oleh KemenKemenkes RI untuk mendukung kegiatan akreditasi puskesmas tersebut masih dirasakan belum cukup. Namun kendala ini bisa disiati apabila adanya dukungan secara maksimal dari Pemeritahan Daerah baik dalam pendanaan maupun sarana dan prasarana lainnya.

Mengingat waktu yang semakin pendek, lebih kurang 3-4 bulan kedepan kita sangat mengharapkan ke 23 Puskesmas tersebut agar terus mempersiapkan diri dengan segala kemampuannya dan atas bimbingan dari Tim Pendamping Kabupaten/kota agar dapat disurvey sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Karena target kita paling tidak Puskesmas tersebut mendapat hasil penilaian akreditasi pada tingka madya, dan alangkah lebih baik lagi kalau mendapat penilaian pada tingkat paripurna.

“Marilah kita saling mendukung, bekerjasama dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera. Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan kegiatan ini”, jelas Mantan Kadinkes Karimun ini. *** (endi gutama, yankes dinkes kepri)

 

Last Updated on Thursday, 23 November 2017 20:11
 

Masuk



Download LKIP

 

Klik gambar untuk mengunduh

Aplikasi

(Mohon Maaf Layanan SIDK dalam
proses maintenance dan update Data)

PageRank Checking Icon

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini687
mod_vvisit_counterKemarin3060
mod_vvisit_counterMinggu Ini6325
mod_vvisit_counterMinggu Lalu18453
mod_vvisit_counterBulan Ini27821
mod_vvisit_counterBulan Lalu57018
mod_vvisit_counterSeluruhnya2684202

We have: 123 guests online
Your IP: 54.163.210.170
 , 
Today: Dec 12, 2017

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini?
 

Link Instansi


Figur

Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes

Lihat Selengkapnya