Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Aksi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara Provinsi Kepulauan Riau PDF Print E-mail
Written by P2p.ptm   
Monday, 24 July 2017 15:12
WhatsApp_Image_2017-07-21_at_5.41.04_PM

Dalam rangka peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-57 dan HUT ke-17 Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini, Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bersama jajarannya melaksanakan aksi deteksi kanker leher rahim dan kanker payudara gratis untuk masyarakat. Kegiatan ini didukung oleh lintas sektor antara lain Yayasan Kanker Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau, IBI dan lintas sektor terkait lainnya. 

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan pemeriksaan IVA gratis pada 1254 orang wanita usia 30-50 tahun di 6 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau yaitu :
  1. Kota Tanjungpinang sebanyak 104 orang
  2. Kabupaten Bintan 151 orang
  3. Kota Batam sebanyak 227 orang
  4. Kabupaten Lingga sebanyak 120 orang
  5. Kab. Kepulauan Anambas sebanyak 30 orang
  6. Kabupaten Karimun dengan peserta terbanyak yaitu sebanyak 622 orang.
yki1       yki2
Gambar. Suasana Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di RSUD Provinsi Kepulauan Riau Tanjungpinang

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan 17 orang dengan lesi prakanker. Sebagai tindak lanjut dini pada pasien dengan lesi prakanker, dapat dilakukan cryoterapy. Pelayanan Cryoterapi di Provinsi Kepulauan Riau terdapat di RSUD Provinsi Kepulauan Riau Tanjungpinang, RSUD Karimun, Puskesmas Sei Panas dan Puskesmas Sei Langkai Kota Batam.

”Angka penderita ini perlu diwaspadai dan dicarikan solusinya. Salah satu yang dilakukan YKI Kepri adalah membuka klinik deteksi dini kanker secara gratis untuk masyarakat. Mari gunakan sebaik mungkin fasilitas pelayanan yang tersedia di YKI untuk menjaga kesehatan kita,” papar Hj. Noor Lizah Nurdin selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Kepulauan Riau.

Upaya pencegahan dan pengendalian kanker akan terus dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau dengan melatih petugas kesehatan untuk deteksi dini, screening kanker payudara dan kanker leher rahim, meningkatkan peran lintas sektor (organisasi profesi, PKK, YKI, BPJS, dan lintas sektor terkait lainnya), melaksanakan seminar tentang pencegahan kanker, meningkatkan peran swasta dalam bentuk  Corporate Social Responsibility (CSR) yang mendukung upaya pengendalian kanker di Provinsi Kepulauan Riau.#ptmkepri-yan


Last Updated on Tuesday, 29 August 2017 20:57