• Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • (0771) 4575000
  • Hp. 082283648895 (sms only)
Selamat Hari Raya Idul Fitri...1 Syawal 1439 H...Taqabbalallahu minna wa minkum...Minal 'aidin wal faizin...Mohon maaf lahir dan bathin

Prakerin Membantu Siswa "Melek" Dunia Kerja

Prakerin

Awal tahun 2018, SMKN 4 Tanjungpinang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka Praktek Kerja Industri (Prakerin). Masa Prakerin siswa di mulai pada tanggal 8 Januari - 7 April 2018 (3 bulan). Prakerin bertujuan agar siswa mendapatkan pengalaman, selain itu hasil prakerin menjadi penambahan nilai bagi siswa untuk ujian kenaikan kelas. Prakerin berguna  dalam  mengembangkan SDM  hasil tamatan SMK agar dapat diserap dilapangan kerja. Siswa harus melaksanakan studi banding antara teori di sekolah dengan praktek di lapangan.

Siswa yang melaksanakan prakerin di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau harus mengikuti tata tertib dan peraturan yang berlaku. Siswa SMKN 4 Tanjungpinang yang sedang melaksanakan Prakerin di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau berasal dari kelas XI. Penempatan siswa Prakerin disesuaikan dengan spesifikasi keilmuan siswa. Untuk Tahun 2018 ada 3 siswa Prakerin yang di tempatkan, yaitu:

  1. Firmansyah (Penempatan : Subbag Umum & Kepegawaian)
  2. Rainhard .A.S (Penempatan : Subbag Perencanaan & Evaluasi)
  3. Suryanto (Penempatan : Bidang kesehatan Masyarakat)

“Kami diberi tugas sesuai dengan penempatan bidang masing-masing, seperti saya membantu administrasi dan membuat artikel di website Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau” ujar Rainhard. Berbeda halnya dengan 2 teman lainya, ”saya membantu untuk menyusun proposal” ujar Suryanto. “Saya membantu administrasi” ujar Firmansyah. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau memiliki waktu  kerja dari jam 08.00-16.00. "Jadi, kami siswa prakerin sudah harus hadir tepat 08.00 untuk memulai kegiatan”, ujar Rainhard menambahkan.

Di moment inilah para siswa dididik untuk paham dan mengenal dunia kerja, cara berkomunikasi yang baik, tata krama, sopan santun, disiplin, menerapkan ilmu yang didapat sekolah, dan mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak didapat di sekolah. Untuk mewujudkan  kegiatan tesebut maka para siswa  dituntun dalam melaksanakan praktek kerja di lapangan  sehingga apa yang didapat di sekolah dapat direalisasikan melalui sikap dan divisualisasikan di dunia kerja sehingga harapan untuk berkompetensi di dunia kerja dapat dilakukan. –RH/AD

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech