Aplikasi SIBADANG, Mengoptimalkan Aliran Data Kesehatan Di Provinsi Kepulauan Riau

Cetak

Launching sibadang

Gambar : Launching Aplikasi Sibadang bertempat di Ballroom Trans Convention Centre

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Drs. Adi Prihantara, M.M resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Provinsi Kepulauan Riau dengan nama aplikasi “SIBADANG” bertempat di Ballroom Trans Convention Centre. Peluncuran aplikasi SIBADANG juga disejalankan dengan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (2/11).

SIBADANG merupakan singkatan dari Sistem Informasi dan Bank Data Kesehatan Kepri Gemilang. SIBADANG adalah bentuk dukungan Provinsi Kepulauan Riau dalam pelaksanaan pilar Ke-6 Transformasi Sistem Kesehatan Kemenkes RI yaitu Transformasi Teknologi Kesehatan. Dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan yaitu melalui forum ini agar seluruh pemangku kesehatan agar bersama membangun derajat kesehatan di Provinsi Kepulauan berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing, menyusun program kesehatan guna pemecahan masalah kesehatan di daerah serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya layanan primer di rumah sakit- rumah sakit Pemda.

Aplikasi SIBADANG dikembangkan dengan tujuan mengoptimalkan aliran data kesehatan dari kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat dan sebagai landasan dalam pengambilan kebijakan pembangunan kesehatan serta Bank Data Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau yang menampilkan data terkini. Aplikasi ini masuk dalam jenis Middle Apps yang menjembatani komunikasi data antar komponen dalam sistem kesehatan melalui integrasi berbagai aplikasi kesehatan lainnya yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota. Pengelolaan data kesehatan pada aplikasi ini juga dimaksudkan sebagai bank data kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Disejalankan dengan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas, Sekda Kepri juga berharap dengan adanya Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023 dapat menjadi sarana pendukung dalam pengambilan kebijakan dan perencanaan pembangunan kesehatan di tahun mendatang di Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten/Kota.

Dalam peluncuran aplikasi SIBADANG turut hadir Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Ditjen Kesmas Kemenkes RI dr. Feby Anggraini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Moh. Bisri, Direktur RSKJKO Engku Haji Daud dr. Asep Guntur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau dan Direktur RSUD Se-Provinsi Kepulauan Riau. (JM)

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech