Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Pelatihan Pendampingan Akreditasi Fasyankes Primer PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 27 November 2017 16:04

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 pasal 39 ayat 1 yang mewajibkan Puskesmas untuk di akreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali. Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan salah satu upaya untuk melakukan kendali mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dengan tujuan utama adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Pelatihan Pendampingan Akreditasi Fasyankes Primer Angkatan Ke 2 dilaksanakan Bagi Tim Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se- Provinsi Kepulauan Riau (14/5-) 10 Hari ke puskesmas melayu kota piring dan puskesmas mekar baru. Narasumber Kepala Bidang Yankes dan Kasie Yankes Primer Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Tim Pelatih Dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Puskesmas di Provinsi Kepulauan Riau menurut data pusdatin tahun 2016 berjumlah 80 buah puskesmas. Dari jumlah puskesmas tersebut sampai saat ini baru 7 buah puskesmas (8.7%) yang telah di akreditasi. Dimana untuk tahun 2016 hanya 5 buah puskesmas yang diakreditasi yaitu Kabupaten Bintan 1 Pukesmas (Puskesmas Kawal), Kota Tanjungpinang 2 Puskesmas (Puskesmas Batu X dan Puskesma Tanjungpinang) dan Kabupaten Natuna 2 Puskesmas (Puskesmas Ranai dan Puskesmas Bunguran Tengah) dimana hasilnya rata-rata dasar kecuali Puskesmas Batu X dengan Hasil Madya. Sedangkan untuk tahun 2017 ini baru 2 Puskesmas yang disurvey pada bulan April 2017 yang lalu yaitu Puskesmas Sekupang di Kota Batam dan Puskesmas Sei.Jang Kota Tanjungpinang dari 25 Puskesmas yang menjadi target di survey tahun 2017 ini.

Maka dalam rangka mendukung pelaksanaan implementasi akreditasi FKTP tersebut, agar dapat berjalan sesuai dengan Roadmap Akreditasi yang telah ditetapkan, salah satunya dibutuhkan tenaga-tenaga pelatih pendamping akreditasi FKTP yang tujuannya adalah agar pendampingan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik pendampingan pra akreditasi maupun pendampingan pasca akreditasi dalam rangka mempersiapkan, memelihara, dan meningkatkan pencapaian standard akreditasi FKTP secara berkesinambungan.

Pelatihan pendampingan akreditasi ini merupakan hal yang penting dalam pelaksanaan Akreditasi FKTP. Keberhasilan pendampingan akreditasi akan menentukan keberhasilan akreditasi FKTP, karena keberhasilan FKTP dalam meraih status akreditasi sangat tergantung pada kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim pendamping dari dinas kesehatan kabupaten/kota sehingga kami harapkan saudara - saudara dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan dapat mematuhi tata tertib yang ada selama penyelenggaraan pelatihan Pendampingan akreditasi ini sehingga kelak peserta pelatihan dapat menjadi pelatih pendamping bagi kabupaten/kota di wilayahnya. Pelatihan pendampingan akreditasi ini, peserta pelatihan nantinya dapat menjadi pelatih pendamping yang menciptakan pendamping yang berkualitas. Dengan adanya tim pendamping yang berkualitas, FKTP yang didampingi akan lebih siap untuk dilakukan survei akreditasi.

dr.Hj.Sulastri, M.Si Kepala Bidang Yankes Dinkes Kepri mengatakan, “Marilah kita saling mendukung, bekerjasama dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera. Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat di dalam pelaksanaan pelatihan ini”. *** (endi gutama, yankes dinkes kepri)

 

Last Updated on Monday, 27 November 2017 16:41