Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Bimbingan SDM Kesehatan Untuk Akreditasi Rumah Sakit PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 27 November 2017 16:01

 

 

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan melaksanakan Bimbingan Standar Akreditasi Rumah Sakit Bagi Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan (21-23/8). Dinkes menghadirkan narasumber dari Direktorat Mutu dan Akreditasi Kemenkes RI dan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Dr.Elzarita Arbain,M.Kes dan Dr.Wasista Budiwaluyo.MHA. Peserta 21 orang Dinas Kesehatan 7 Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri.

dr.Hj.Sulastri,M.Si Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kepri mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan dalam memfasilitasi akreditasi Rumah Sakit, meningkatnya pengetahuan dan kemampuan SDM Dinas Kesehatan dalam fasilitasi Akreditasi Rumah sakit"

Rumah sakit merupakan perusahaan pelayanan jasa, dimana produk yang dihasilkan sifatnya tidak berujud (intangible) dan berasal dari pemberi pelayanan tersebut yang dalam hal ini adalah petugas atau kita sebut SDM. SDM merupakan unsur penting baik dalam produksi maupun penyampaian jasa. SDM menjadi bagian diferensiasi yang mana perusahaan jasa menciptakan nilai tambah dan memperoleh keunggulan kompetitifnya. Sumber daya alat dan prasarana yang lain memungkinkan untuk ditiru dan juga dipunyai oleh rumah sakit lain, tetapi tidak demikian dengan SDM.

Berbicara masalah SDM tentu saja terkait dengan kompetensi. Kompetensi pada umumnya didefinisikan sebagai kombinasi antara pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku (attitude) seorang karyawan sehingga mampu melaksanakan pekerjaannya. Beberapa ahli menyatakan bahwa pengetahuan dan ketrampilan merupakan hard competency sedangkan sikap dan perilaku sebagai soft competency.

Pengetahuan merupakan output dari pendidikan formal yang diperoleh. Dalam standar minimal pelayanan rumah sakit jenis dan tingkat pendidikan SDM sudah ditentukan sesuai dengan tipe rumah sakit. Misalnya rumah sakit tipe C, maka minimal harus mempunyai 4 dokter spesialis yaitu spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis kandungan. Karena ini merupakan standar minimal, maka rumah sakit tipe C lainpun akan memenuhinya. Contoh lain, tenaga keperawatan adalah dengan tingkat penddikan D3. Maka rumah sakit manapun standar pendidikan perawat D3.

Sikap/perilaku (attitude) merupakan refleksi dari konsep nilai yang diyakini, karakteristik pribadi dan motivasi karyawan. Konsep nilai bahwa bekerja adalah ibadah, menolong orang lain adalah kewajiban, bersikap baik dan tersenyum pada semua orang adalah sebuah keharusan akan menumbuhkan kinerja yang baik pada karyawan. Motivasi untuk selalu semangat bekerja, belajar dan meningkatkan kompetensi diri adalah sesuatu yang mahal dan tidak dipunyai oleh semua orang. Apalagi customer rumah sakit sangat berbeda dengan customer perusahaan jasa yang lain.

Salah satu pilar yang penting dalam peningkatan kualitas kesehatan bagi masyarakat Indonesia adalah penjaminan kemampuan tenaga medis dan paramedis dalam menyediakan pelayanan kesehatan prima. Di berbagai lini pelayanan kesehatan, keselamatan pasien menjadi perhatian utama, mengingat sistem pelayanan kesehatan yang semakin kompleks, kemungkinan terjadinya kesalahan yang dapat mempengaruhi keselamatan pasien sangat besar. *** (joni shandra, yankes dinkes kepri)

Last Updated on Monday, 27 November 2017 16:36
 

Masuk



Download LKIP

 

Klik gambar untuk mengunduh

Aplikasi

(Mohon Maaf Layanan SIDK dalam
proses maintenance dan update Data)

PageRank Checking Icon

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini676
mod_vvisit_counterKemarin3060
mod_vvisit_counterMinggu Ini6314
mod_vvisit_counterMinggu Lalu18453
mod_vvisit_counterBulan Ini27810
mod_vvisit_counterBulan Lalu57018
mod_vvisit_counterSeluruhnya2684191

We have: 119 guests online
Your IP: 54.163.210.170
 , 
Today: Dec 12, 2017

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini?
 

Link Instansi


Figur

Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes

Lihat Selengkapnya