Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Penilaian Pemanfaatan TOGA dan Akupresur Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Thursday, 31 August 2017 16:31

Arah kebijakan kesehatan yang memperkuat upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta pemberdayaan masyarakat dapat dipenuhi salah satunya oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Terkait dengan tugas dan fungsi Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang salah satu kegiatannya adalah upaya kesehatan masyarakat, yaitu menyelenggarakan pelayanan  kesehatan tradisional melalui asuhan mandiri yang dilaksanakan dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyaraka Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional pada pasal 70  tentang pemberdayaan masyarakat, pada ayat (2) menyatakan bahwa masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri  dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan secara benar.

 

Sasaran dari kegiatan Asuhan Mandiri adalah kelompok Asuhan Mandiri yang diharapkan dapat  mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga  dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memanfaatkan TOGA dan ketrampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan serta lintas sektor terkait mempunyai tanggungjawab melakukan pembinaan kepada masyarakat  dalam  melakukan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan ketrampilan melalui pendampingan pada setiap kegiatannya.

Dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pengembangan Kesehatan Tradisional Melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan menyatakan bahwa pelaksanaan asuhan mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan. Pembinaan terhadap kelompok asuhan mandiri pemanfaatan taman obat keluarga dan keterampilan dilakukan bersama antar lintas program dan lintas sektor terkait sesuai peran, tugas dan fungsi masing- masing yang diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA untuk asuhan mandiri secara benar.

Dari uraian di atas maka perlu dilakukan kompetisi atau penilaian terhadap kelompok Asuhan Mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur  agar masyarakat dapat termotivasi, teredukasi untuk memiliki dan memanfaatkan TOGA untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan bagi diri sendiri maupun keluarganya sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

Untuk tahun 2017, dinas kesehatan Kabupaten/kota se-provinsi Kepulauan Riau menyambut baik kegiatan tersebut. Penilaian pemanfaatan TOGA dan Akupresur dilakukan secara berjenjang yaitu mulai dari tingkat Desa, Kecamatan/Puskesmas, Kabupaten/kota, Provinsi hingga Nasional. Terlampir beberapa dokumentasi kegiatan penilaian pemanfaatan TOGA dan Akupresur yang bertempat di desa selat mendaun kecamatan tanjungbalai, kabupaten karimun bersama tim penilai provinsi Kepulauan .

 

Last Updated on Tuesday, 26 September 2017 10:48