Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Tatalaksana Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur dengan Pendekatan Keluarga PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Thursday, 31 August 2017 12:20

Peningkatan kesadaran, motivasi dan kemampuan secara berkelanjutan untuk hidup sehat akan mempercepat pencapaian status kesehatan yang optimal. Oleh karena itu, prinsip pelayanan kesehatan primer di dalam pemberdayaan masyarakat oleh penyedia layanan kesehatan dan kader, harus secara kolektif meningkatkan kapasitas masyarakat untuk kesehatan melalui partisipasi aktif masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah penerapan dan pemanfaatan tanaman obat dan akupresur secara mandiri di kalangan masyarakat, masyarakatnya ditingkatkan kemampuannya dalam mencari solusi untuk masalah kesehatan secara mandiri sebagai upaya pertolongan pertama dalam keluarga atau mencegah penyakit dan memelihara kesehatan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bertanggung jawab memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat melalui peningkatan kemampuan petugas kesehatan dalam membina dan mengembangkan pelayanan kesehatan tradisional dengan menggunakan keterampilan akupresur dan pemanfaatan TOGA. Pelayanan kesehatan tradisional yang menggunakan ramuan salah satunya adalah jamu, yang diperoleh melalui pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA); sedangkan pelayanan kesehatan tradisional keterampilan dapat dilakukan dengan metode manual, alat/teknologi dan terapi olah pikir. Pengembangan pelayanan kesehatan tradisional di Puskesmas ditekankan pada upaya promotif dan preventif yang dilaksanakan melalui upaya promotif dan preventif yang dilaksanakan melalui upaya pemberdayaan masyarakat dalam kemampuan melakukan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur.

Untuk dapat mengembangkan kemampuan masyarakat melaksanakan asuhan mandiri kesehatan tradisional, perlu adanya tenaga kesehatan Puskesmas yang sudah dilatih sebagai fasilitator di Puskesmas melalui pelatihan asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur. fasilitator Puskesmas  akan memfasilitasi kader dalam melakukan orientasi asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur. Melalui asuhan mandiri dan pembinaan yang berkesinambungan dihararapkan kelompok keluarga binaan akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan TOGA dan Akupresur untuk asuhan mandiri kesehatan tradisional di keluarganya.

Kegiatan Tatalaksana Peningkatan Kapasitas Puskesmas dalam Asuhan Mandiri untuk mendukung Kesehatan Keluarga tahun 2017 dilaksanakan melalui kegiatan pertemuan dengan metode ceramah tanya jawab, diskusi kelompok dan praktek. Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 15-20 Mei 2017 selama 6 hari, yang di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Dr.H.Tjetjep Yudiana, M.Kes, beserta Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Asuhan Mandiri Siti Munawaroh, SKM, M,Si Kementerian Kesehatan RI dan 27 tenaga kesehatan dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Last Updated on Saturday, 23 September 2017 09:48