Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Monitoring Pelaksaan Program Kampanye Imunisasi Massal Campak Rubella di India Oleh Kepala Seksi Sur PDF Print E-mail
Written by p2p.surv   
Thursday, 24 August 2017 09:44

Eliminasi Campak dan pengendalian rubella/Congenital Rubella Sindrome pada tahun 2020 merupakan komitmen bersama negara-negara yang tergabung di WHO. Dalam Global Vaccine Action Plan (GVAP), campak dan rubella ditargetkan untuk dapat dieliminasi di 5 regional WHO pada tahun 2020. Salah satu strategi untuk mencapai cakupan vaksinasi campak rubella yang tinggi yaitu melalui pelaksanaan program imunisasi rutin dan kampanye massal. Pelaksanaan kampanye massal vaksin campak rubella di Indonesia pada anak usia 9 bulan – 15 tahun secara bertahap dalam 2 fase sebagai berikut : Fase 1 bulan Agustus-September 2017 di seluruh Pulau Jawa, Fase 2 bulan Agustus-September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua

Selain Indonesia, Pemerintah India yang juga termasuk dalam regional SEAR WHO yang melakukan kampanye imunisasi campak rubella massal untuk anak usia 9 bulan – 15 tahun yang akan dilaksanakan dalam lima tahapan dimulai pada bulan Februari 2017. SEAR WHO bekerja sama dengan Pemerintah India telah bersepakat untuk menugaskan tim monitor independen selama pelaksanaan program kampanye imunisasi massal tersebut. Dalam hal ini SEAR WHO mengharapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dapat mengirimkan perwakilan untuk berpartisipasi dalam tim monitor independen tersebut dalam pelaksanaan kampanye tahap 1-B yang akan diselenggarakan di negara bagian Talangana, India pada tanggal 18-28 Agustus 2017.

Sesuai dengan kesepakatan di atas maka tim monitor dari Indonesia terdiri dari 2 (dua) orang yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yaitu dari Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Gorontalo.

Tim monitoring dari Provinsi Kepulauan Riau yang ditunjuk adalah dr. Indrike Caesaria yang merupakan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. Dr. Indrike Caesaria telah berangkat pada tanggal 17 Agustus 2017 dan akan melaksanakan tugasnya sampai dengan tanggal 28 Agustus 2017 di negara Bagian Talanga India.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas imunisasi tingkat pusat maupun provinsi dalam rangka menghadapi kampanye dan intorduksi imunisasi campak rubella di Indonesia. (Retno)

Last Updated on Saturday, 23 September 2017 09:50