Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Kepri Menang Best Poster Presentation di Asia Pacific Congress of hypertension PDF Print E-mail
Written by Admin / Narasi Mega Febrianora   
Tuesday, 16 June 2015 15:13

Berita baik datang dari Nusa Dua, Bali, tempat diadakannya acara Asia Pacific Congress of Hypertension ke 11 pada tanggal 4-7 Juni 2015, Kepri melalui perwakilannya, dr. Mega Febrianora mendapatkan penghargaan Best Poster Presentation. Asia Pacific Congress of Hypertension merupakan acara rutin yang diadakan oleh Asia Pacific Society of Hypertension, diikuti oleh dokter umum dan dokter spesialis serta ahli hipertensi se-Asia Pasifik. Dr. Mega merupakan dokter keluarga provinsi Kepri daerah penugasan puskesmas pembantu kangboi, kab. Bintan. Dr. Mega mempresentasikan topik berjudul "Trend in population blood pressure and prevalence, awareness, treatment and control of hypertension among middle aged and elderly in rural area, bintan island, riau archipelago, indonesia from 2007-2015". Topik ini diambil dari tempat penugasan dr. Mega. Dr. Mega mengamati pola hipertensi (tekanan darah tinggi) di desa Kangboi. Hasilnya angka kejadian hipertensi pada pra lansia dan lansia meningkat 45.7% di tahun 2007 dan 50.6% di tahun 2015.  Tingkat kesadaran masyarakat terhadap hipertensi termasuk baik dengan nilai 49.5%. Kasus hipertensi yang ditangani sebanyak 74,5%. Dari jumlah kasus hipertensi yang ditangani, 41.0% berhasil (tekanan darah terkontrol). Angka 41% persen ini tertinggi se-Indonesia yang hanya mencapai angka 30%.

Keberhasilan penanganan hipertensi di Kepri tak lepas dari peranan posyandu dan puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan primer. Keberhasilan posyandu dan puskesmas menopang kesuksesan program kesehatan di Kepri. Lebih beruntung lagi Kepri memiliki program keluarga yang hanya ada satu-satunya di Indonesia. Dokter keluarga berpotensi besar untuk menjadi akselerator terwujudnya Kepri sehat dan Indonesia sehat. "Semoga dengan menangnya Kepri di Asia Pacific Congress of Hypertension ini bisa menjadi semangat kerja baru untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kepri dan semoga Kepri menjadi percaya diri untuk menunjukkan eksistensinya di Indonesia dan Asia." harap dr. Mega.

(Mega Febrianora, dokter keluarga Prov. Kepri)

Last Updated on Tuesday, 16 June 2015 15:22