Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
5 Kesepakatan Penyusunan Profil Promkes Kabupaten/Kota PDF Print E-mail
Thursday, 21 August 2014 17:43

5 Kesepakatan Penyusunan Profil Promkes Kabupaten/Kota

Seksi Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Pertemuan Penyusunan Profil Promosi Kesehatan di Bintan Plaza Hotel (22-24 Mei 2014), Kegiatan ini ditujukan pada Pengelola Program Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kepri, Pengelola Program Promkes di Kabupaten/Kota, dan Pengelola Program Promkes di Puskesmas.

Kesehatan merupakan hasil interaksi berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Status kesehatan harus dipertahankan dengan berbagai upaya kesehatan. Promosi kesehatan di sekolah adalah upaya yang dilakukan terhadap anak didik sehingga mereka mau dan mampu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, disamping itu promosi kesehatan di sekolah lebih menekankan pada peningkatan kemampuan hidup sehat bukan sekedar berperilaku hidup sehat.

Berbagai upaya dilakukan di Dinas kesehatan Provinsi kepulauan Riau dalam mempromosikan kesehatan yang berhubungan dengan lintas program utama sebagai bentuk upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk hidup sehat melalui penyebaran poster kesehatan, penyebaran media informasi dan edukasi, pemutaran iklan di media elektronik maupun cetak dengan berbagai tema kesehatan. Oleh Karena itu perlu adanya pertemuan Koordinasi dalam Perencanaan Program promosi Kesehatan serta penyusunan laporan kegiatan Promkes dalam bentuk profil Promosi Kesehatan. Karena hasil kegiatan tersebut harus didukung oleh sistem pelaporan yang tepat sehingga dapat di ketahui keberhasilannya dalam evaluasi kegiatan.

Dengan perencanaan yang terkoordinasi berdasarkan laporan kegiatan yang telah di rangkum dalam Profil Promosi Kesehatan yang merupakan gambaran hasil kegiatan promosi kesehatan yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan program sehingga perlu diadakannya pertemuan Koordinasi perencanaan program promosi kesehatan Tahun 2014 dan Penyusunan Profil Promosi Kesehatan Tahun 2013.

Setelah melakukan diskusi, peserta pertemuan berhasil merumuskan kesepakatan penyusunan Profil Promosi Kesehatan (24/5) diantaranya adalah :

  1. Validasi data tahun 2013 agar dikirimkan ke Provinsi via email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau pos dan ditandatangani oleh Kepala Dinas atau Kepala Bidang sertas tempel.
  2. Laporan triwulan program Promosi Kesehatan yaitu : a) Persentase Rumah Tangga yang berPHBS; b) Persentase Desa Siaga Aktif; c) Jumlah Poskesdes yang beroperasi. Laporan kirimkan softcopy lewat email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it atau kirim via pos hardcopy setelah ditandatangani oleh Kepala Dinas atau Kepala Bidang serta stempel paling lambat diterima provinsi kepri pada tanggal 15 per triwulan.
  3. Capaian Rumah Tangga yang berPHBS adalah Jumlah RT yg berPHBS dibagi Jumlah RT yg dipantau dikalikan 100%
  4. Profil Promosi Kesehatan tahun 2013 dikirim ke Provinsi pada bulan September 2014 dalam bentuk jilid sederhana, sedangkan Profil Promosi Kesehatan tahun 2014 dalam bentuk jilid Lux pada bulan April 2015.
  5. Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Provinsi Kepri agar mengusulkan pertemuan pemuktahiran data profil promosi kesehatan tahun 2014 dari DIPA tahun 2015. ***(joni sandra)
Last Updated on Wednesday, 10 September 2014 22:42