Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Pengumuman : Per tanggal 1 Januari 2018 akan dilaunching Template Baru Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dengan Alamat : http://dinkes.kepriprov.go.id ::
Dinkes Kepri Integrasikan Posyandu PAUD PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 26 June 2014 00:00

 Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan pada anak, maka pengelola program diundang dalam Sosialisasi Posyandu PAUD (24 s/d 26 Juni 2014).

Salah satu sasaran dari strategi utama Kementerian Kesehatan yaitu meningkatnya pelayanan kesehatan anak dalam rangka menurunkan AKB di Indonesia khususnya. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh masing-masing daerah dalam usaha penurunan AKB. Ruang lingkup program kesehatan anak masih menitik beratkan pada upaya Akselerasi Penurunan AKB serta upaya peningkatan kualitas dan perlindungan Anak.

Dalam program prioritas KIA, MTBS,SDIDTK, merupakan alat bantu bagi tumbuh kembang Anak,dan Buku KIA menjadi alat penyuluhan dan pencatatan kesehatan ibu dan anak secara terpadu. Penggunaaan Buku KIA sudah meluas, diberikan juga dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit,Posyandu dan praktek swasta. Kegiatan stimulasi, deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang balita yang menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antar keluarga, masyarakat, TOMA, organisasi profesi, LSM. Keberhasilan pembinaan tumbuh kembang anak tidak hanya meningkatkan status kesehatan dan gizi anak tetapi juga mental, emosional, social dan kemandirian anak berkembang secara optimal.Dalam hal ini terkait dengan bagaimana koordinasi,sosialisasi advokasi Integrasi Posyandu Paud. 

Penerima Manfaat kegiatan ini yaitu : Pengelola Program Anak Dinkes Provinsi & Kab/Kota; Lintas Program & Lintas Sektor Terkait; Puskesmas, Posyandu, Paud; dan Rumah Sakit. Kegiatan ini dilaksanakan melalui sistem pemaparan, tanya jawab dan diskusi. Peserta kegiatan berasal dari LP, Puskesmas, Dinkes Kab/Kota yang terdiri dari : pengelola program Gizi, Puskesmas, dan Pengelola Program Anak. ***

Last Updated on Thursday, 21 August 2014 18:43