Gerakan Aksi Bergizi Tahap 3 Sebagai Upaya Tingkatkan Kesadaran Remaja Konsumsi Gizi Seimbang

Cetak

Aksi bergizi

Gambar : Gerakan Aksi Bergizi Tahap 3

Aksi Bergizi merupakan upaya strategis yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri serta mengkonsumsi gizi seimbang yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Pada tahun 2023 ini, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah melaksanakan Gerakan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau dalam 3 tahap. Tahap 1 diselenggarakan di SMAN 1 Kota Tanjungpinang tanggal 4 agustus 2023 dan Tahap 2 dilaksanakan di SMAN 4 Kota Tanjungpinang tanggal 27 Septemberr 2023 dan Tahap 3 dilaksanakan hari ini tanggal 7 November 2023 di halaman Gedung Perpustakaan. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 500 orang yang berasal dari  Kelas X SMKN 1 Tanjungpinang, 122 orang, Kelas X SMKN 2 Tanjungpinang, 194 orang, Kelas X Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang, 72 Orang, dan Kelas IX Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungpinang, 112 Orang.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pula Senam Sehat, Sarapan Sehat bersama, serta Peningkatan literasi kesehatan melalui talkshow yang mengangkat tema : Peningkatan literasi siswa/i Sekolah di Era Digital, dan Edukasi Aksi Bergizi, Gaya Hidup Remaja Sehat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan peserta terkait Perilaku Hidup yang harus diterapkan Remaja agar menjadi Remaja yang sehat, Cerdas dan Bebas Anemia.

Di harapankan, semoga kegiatan “Gerakan Aksi Bergizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahap 3 ini dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kesadaran remaja putri akan pentingnya konsumsi asupan bergizi seimbang, makanan kaya asam folat dan zat besi, serta suplementasi TTD satu tablet seminggu sekali. Keterlibatan satuan pendidikan, puskesmas, keluarga serta kolaborasi lintas program dan lintas sektor juga sangat diperlukan dalam melakukan pemantauan. (Monik)

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech