Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PERNAHKAH ANDA MENDERITA DBD/DHF? PDF Print E-mail
Tuesday, 13 March 2012 11:52

Pernahkah anda mendengar penyakit DBD? Untuk yang tinggal di daerah perkotaan tentu saja sudah bosan mendengarnya...kenapa yaa...mungkin dia sudah pernah terkena penyakit yang satu itu..kalau bukan dia mungkin saudaranya, temannya atau siapalah yang dia kenal... Lalu untuk yang tinggal di daerah pedesaan bagaimana? Apakah tidak mungkin terkena DBD ? Mungkin saja, semua orang bisa terkena penyakit DBD, hanya saja di daerah perkotaan cenderung lebih banyak nyamuk DBD- nya.

Baiklah, sekarang mari kita bahas apa sih DBD itu...

DBD atau DHF adalah singkatan dari Demam Berdarah Dengue atau Dengue Hemoragic Fever. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga sampai sekarang belum ada obatnya.

Eh..beberapa waktu yang lalu ada teman saya bisa sembuh kok.. Ya benar..bila segera ditangani dengan baik dan benar maka penderita dapat segera pulih kembali alias sembuh total, karena keganasan virus akan hilang jika daya tahan tubuh kita kuat.

Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypty yang biasa berkembangbiak di air jernih yang tergenang. Bila sekali bertelur akan menghasilkan ribuan telur yang nantinya bila nyamuk sudah besar bisa menjadi perantara virus DBD tadi. Nyamuk ini sangat lincah, sehingga untuk menangkapnya sangat sulit..(emang mau ditangkap apa..hehehe). Kalau kamu melihat nyamuk yang lurik-lurik (maksudnya belang-belang hitam putih) nah itu dia nyamuknya.. segera dipukul ya, jangan diliatin aja...

Lalu.. bagaimana cara menanggulanginya...

Tentunya dengan menghindari gigitan nyamuknya dan memberantasnya. Nyamuk ini berkembangbiak di air yang jernih seperti drum bekas, ember, bak mandi, ban bekas dan lainnya di tempat yang bisa menjadi tempat penampungan air.

Kalau nyamuk dewasa memang susah untuk diberantas, meskipun dengan fogging (pengasapan) yang sering dilakukan bila ada penderita di sekitar tempat tinggal kita. Yang mudah adalah memberantas nyamuk saat masih berupa jentik, karena jelas masih belum begitu gesit untuk bergerak, belum menularkan dan memang masih belum bisa menghindar kalau mau kita basmi. So..sepertinya 3M Plus (apa lagi nih...) merupakan solusi yang tepat. 3M adalah Menguras, Menutup, Mengubur dan Plus disini maksudnya tergantung kondisi setempat. Plus bisa menyemprot insektisida tertentu, memakai kawat kasa nyamuk pada ventilasi dan lainnya.

Kalau menderita penyakit ini tentu sangat sengsara, badan terasa demam, lemas, lunglai, muncul bintik merah di kulit, pusing, sakit ulu hati, bisa mimisan dan bisa berakhir pada kematian..sungguh tragis ya.

 

Tentu kita tidak mau berakhir seperti ini, untuk itu apa yang harus kita lakukan..?

Bila ada gejala seperti di atas segeralah berobat ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan dan tentu saja jangan biarkan nyamuk berkembang biak di sekitar kita melalui gerakan 3M Plus tadi (masih ingat kan..please dech)

Sampai disini dulu bahasan mengenai DBD/DHF ini semoga bermanfaat untuk kita semua. (by. Amran Halim, SKM, MPH)

 

 

Site Map