Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Dinkes Lingga Tingkatkan Kinerja Tim Pokjanal Desa Siaga Aktif PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 14 May 2014 00:00

(Road Show Promosi Kesehatan)

Rabu (14/5/2014) Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melakukan Road Show Promosi Kesehatan “Pertemuan Penguatan Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga Aktif” di Dabok Singkep, bekerjasama dengan Bidang Promkes, Kesga & Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga. 25 orang peserta aktif berasal dari lintas sektor dan lintas program unit kerja yang fokus pada penguatan Pokjanala Desa Siaga di Kabupaten Lingga, diantaranya BPMPD, BPP, Kemenag, Camat/Sekcam, Lurah, TP-PKK, kader Desa Siaga, Kabid P2PL, Kabid. & Kasie. Yankes, Kasie.JPKM, Kasie.Farmamin, Kasie.Surveylans, Kassubag Umum & Kepegawaian, Kassubag Keuangan, Kassubag Perencanaan & Evaluasi, Seksi Kesga dan Seksi Gizi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi Tim Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga Akif dalam pengembangan Desa Siaga Aktif, Meningkatkan komitmen dan kerjasama Tim Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga, dan Penguatan Tim Pokjanal dalam Pengembangan Desa/Kelurahan Siaga Aktif.

Bahtiar, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga membuka langsung Acara pertemuan dalam sambutannya mengatakan, “Pertemuan Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga Aktif ini bertujuan untuk Percepatan terwujudnya masyarakat Desa/Kelurahan yang peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang di hadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat. Kita juga mengharapkan Dinkes Provinsi Kepri menghadirkan pejabat setingkat diatas peserta agar tujuan pertemuan tercapai dengan baik dan benar”, kata Bahtiar.

Mas’ah,S.Mn Kepala Bidang Promkes, Kesga & Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga memaparkan materi sekilas tentang Desa Siaga, penguatan SK Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga Aktif, Kegiatan Desa Siaga tahun 2013-2014, dan Rencana Desa Siaga tahun 2015.

Provinsi Kepulauan Riau mempunyai 395 Desa dan Kelurahan Siaga, dari jumlah tersebut terdapat 369 Desa/Kelurahan Siaga Aktif yang terdiri dari 235 Pratama, 92 madya, 32 Purnama dan 10 Mandiri, artinya di Provinsi Kepulauan Riau hampir seluruhnya masih dalam kondisi Desa Siaga Aktif, yang sangat minimal yaitu, ada Forum Masyarakat sudah mulai berjalan namun belum optimal. Akses pelayanan kesehatan sudah ada, UKBM ada Posyandu, sumber dana penyelenggaraan hanya baru dari Dinas Kesehatan selaku pemegang program, peran serta masyarakat ada namun tidak ada dukungan dari organisasi masyarakat dan belum memiliki kebijakan dari kepala Desa/Lurah serta pembinaan PHBS yang masih kurang dari 20 %. Berdasarkan laporan Kabupaten/Kota pencapaian RT BerPHBS sejumlah 95,613 RT dari jumlah RT yang dipantau sejumlah 199,668.

Keberhasilan Desa Siaga aktif didukung dengan ada atau tidaknya Pokjanal di tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi. Keberadaan Pokjanal pun tidak akan ada artinya jika tidak ada gerakan atau dukungan tim pokjanal dalam mengembangkan program Desa Siaga Aktif. Pokjanal di Tingkat Provinsi melakukan pertemuan berkala setahun minimal 2 kali sedangkan Pokjanal di tingkat Kabupaten melakukan rapat berkala minimal 3 kali dalam setahun untuk pemantauan dan perkembangan Desa Siaga.

Pertemuan menghasilkan kesepakatan bersama yang ditandatangani Dinkes Lingga, BPMPD, BPP, Kemenag dan Perwakilan Camat. ***(joni sandra)

Last Updated on Thursday, 21 August 2014 18:05
 

Site Map