Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PELATIHAN ASISTEN EPIDEMIOLOGI LAPANGAN (PAEL) SE-PROVINSI KEPULAUAN RIAU PDF Print E-mail
Written by Retno Palupi, SKM   
Sunday, 16 June 2013 16:00

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Bidang  Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan melaksanakan Pelatihan Asistensi Epidemiologi Lapangan (PAEL) Se-Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 10 – 15 Juni tahun 2013 di Batam. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh Petugas Surveilans Puskesmas yang ditunjuk oleh masing-masing Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu upaya pembekalan ilmu dan teknologi surveilans epidemiologi bagi petugas surveilans di lapangan. Disamping itu pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam hal penyiapan informasi epidemiologi, terutama untuk mengantisipasi munculnya penyakit-penyakit baru yang sebelumnya tidak dikenal, atau mewaspadai peningkatan kesakitan dan kematian penyakit- penyakit endemik dan keracunan yang mengarah pada KLB atau wabah.

Aspek bahasan dalam diklat ini meliputi ; materi dasar menyangkut peranan surveilans dalam pemberantasan penyakit dan kebijaksanaan surveilans dalam penanggulangan KLB Nasional, Materi Inti yang melingkupi dasar-dasar epidemiologi, dasar-dasar surveilans epidemiologi, penyelidikan KLB, surveilans penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, surveilans penyakit potensial KLB/Wabah, manajemen surveilans serta surveilans terpadu penyakit dan epi Info/sofware pengolah data lainnya.

Selanjutnya agar peserta latih dapat bekerjasama dan semangat dalam proses belajar, peserta dibekali metode pembelajaran Building Learning Commitment (BLC), negosiasi dan partnership serta untuk memudahkan  transfer of knowledge di daerahnya masing masing, maka diberikan materi penunjang yang mencakup ; pembelajaran orang dewasa, teknik presentasi yang efektif serta Focus Group Discussion (FGD) dan critical thinking.

Setelah pelatihan tersebut dilaksanakan maka Petugas Surveilans Puskesmas telah mampu memahami tugas-tugas surveilans Epidemiologi Lapangan. Secara khusus, melalui kurikulum materi yang telah disampaikan oleh Narasumber dari Subdit Subdit Surveilans dan Respon KLB Kementerian Kesehatan RI dan Bidang P2PL Dinas Kesehatan  Provinsi Kepulauan Riau maka Petugas Surveilans Puskesmas telah mampu mengidentifikasi masalah surveilans, mengolah, menganalisa dan menyajikan data menjadi informasi epidemiologi yang dapat dimanfaatkan untuk penetapan strategi pelaksanaan program. Selanjutnya mereka juga mampu melakukan penyelidikan kejadian luar biasa (KLB) dan memberikan rekomendasi pada pengambil keputusan untuk melaksanakan tindak lanjut.
Last Updated on Monday, 24 June 2013 11:21
 

Site Map