Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PENDATAAN NAPZA YANG AKURAT MELALUI IMPLEMENTASI SIPNAP PDF Print E-mail
Written by Oktania Tri Rahmania, SKM   
Thursday, 28 March 2013 16:00

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan sumber daya manusia dan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat perlu dilakukan upaya peningkatan di bidang pengobatan dan pelayanan kesehatan, antara lain pada satu sisi dengan mengusahakan ketersediaan Narkotika dan Psikotropika jenis tertentu yang sangat dibutuhkan sebagai obat dan sisi lain melakukan tindakan pencegahan dan pemberantasan terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Psikotropika.

Sistem pencatatan dan pelaporan narkotika yang selama ini berjalan, dirasakan masih sangat terbatas dan tidak menggambarkan secara jelas mengenai penggunaan sediaan Narkotika dan Psikotropika. Oleh sebab itu perlu adanya pendataan sediaan Narkotika dan Psikotropika yang bersifat nasional dengan memanfaatkan sistem pelaporan terpusat yang mudah dikelola, diakses dan didistribusikan.

Kementerian Kesehatan RI telah mengupayakan suatu Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika yang dapat dipergunakan oleh Provinsi, Kabupaten/Kota secara berjenjang untuk peningkatan implementasi sistem pelaporan kefarmasian, sehingga didapatkan data penggunaan narkotika dan psikotropika secara akurat.

Software ini masih terus dikembangkan dan disosialisasikan ke tingkat Kabupaten/Kota dengan waktu pengiriman yang telah ditentukan, namun kendala di lapangan masih saja muncul. Sehingga laporan periodik Narkotika dan Psikotropika masih sering kali terlambat. Untuk itulah dibutuhkan pertemuan pemantapan bagi menampung dan mendiskusikan kendala-kendala pada saat pelaporan, termasuk kendala tekhnis di sistem software maupun kendala teknis di unit-unit pelayanan masing-masing Kabupaten/Kota.

 

Site Map