Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
SKP MENYARING SARAN DAN PENDAPAT SELURUH ELEMEN KESEHATAN DI KEPULAUAN RIAU PDF Print E-mail
Written by Abdul Rauf Rahim, SKM   
Tuesday, 29 January 2013 16:00

Finalisasi SKP Kepulauan Riau pada tahun 2012 yang lalu dilaksanakan dalam empat tahap yaitu Rapat Koordinasi Tim Konsultan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau; Lokakarya I (pendahuluan); Lokakarya II (finalisasi); dan, Advokasi Draf SKP ke Eksekutif dan Legislatif.

Pada Lokakarya yang dihadiri oleh seluruh elemen kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau telah menghasilkan beberapa poin penting dalam interaksi sub-sub sistem. Beberapa hal penting pada subsistem manajemen kesehatan antara lain agar pengelolaan kesehatan dilakukan secara terintegrasi sesuai jenjang dan struktur pemerintahan serta perlunya menggali potensi peran serta instansi kesehatan swasta. Selanjutnya perlu diperhatikan legal aspek terhadap SKP serta kebijakan Kepala Daerah lainnya dalam mendukung SKP. Aspek Manajemen yang penting lainnya adalah Sistem Informasi Kesehatan yang masih perlu ditingkatkan. Penguatan SDM serta pembagian peran dan tugas Sistem Informasi Kesehatan perlu diperjelas, demikian pula penganggaran utuk biaya operasional. Selanjutnya perlu uraian yang lebih tegas mengenai Sistem Pembiayaan Kesehatan pada Pelayanan Kesehatan Primer dan Sekunder serta standarisasi pelayanan kesehatan. Pembahasan ini termasuk peningkatan fungsi puskesmas dan upaya rujukan dengan memperhatikan kondisi geografis kepulauan.

Poin penting yang diputuskan dalam lokakarya tersebut diuraikan sebagai berikut:

  • Sistem Kesehatan Provinsi (SKP) Kepulauan Riau terdiri dari 6 Fungsi yaitu Fungsi Stewardship, Tata Kelola Regulasi, Fungsi Pengadaan dan Pengelolaan Sumber Daya, Fungsi Pembiayaan Kesehatan, Fungsi Upaya Kesehatan : Upaya Kesehatan Masyarakat dan Perorangan, Fungsi Pemberdayaan dan Peran Serta Masyarakat dan Fungsi Lintas Sektor.
  • Hal pokok penting dalam penyelenggaraan SKP yaitu adanya Aspek Pembuatan Peraturan (regulasi) yang dilaksanakan oleh Pemda (Prov/Kab/Kota) dgn persetujuan DPRD, Pergub, Perbub dan SK Pemda sebagi dapat mengikat semua sector pelayanan kesehatan.
  • Beberapa hal penting dalam pelayanan kesehatan Primer, Sekunder dan Tertier yang menjadi wacana antara lain Dibangunnya Puskesmas Rujukan Antara untuk daerah yg terpencil dan perbatasan, Peningkatan Puskesmas menjadi RS Pratama, Adanya system insentif bagi tenaga kesehatan yang berada di daerah terpencil, Peningkatan Profesionalisme SDMK serta Singkronisasi antara SKP dan SKN menjelang pemberlakukan SJSN-BPJS dan model pembiayaan kesehatan.
Kedudukan SKP dalam Perda adalah instrumen melaksanakan Otonomi Daerah. Penyusunan Perda harus dapat membingkai dan memberikan pedoman kepada pelaksanaan urusan Pemerintahan yang bersifat Wajib maupun Pilihan.
 

Site Map