Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PENYUSUNAN SISTEM KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU PDF Print E-mail
Written by Abdul Rauf Rahim, SKM   
Wednesday, 30 January 2013 16:00

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, menekankan pentingnya kesehatan sebagai hak asasi manusia, yang merupakan perubahan dan tantangan strategis bagi pembangunan kesehatan. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut adalah dibentuknya kebijakan kesehatan baik yang berskala nasional maupun daerah. Dalam rangka menjamin keberhasilan Pembangunan Kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau, maka dikembangkan Sistem Kesehatan Provinsi (SKP) Kepulauan Riau dengan mengidentifikasi berbagai elemen/komponen, peran dan fungsi dari subsistim terkait, sehingga tercipta peta kendali berbagai subsistem yang jelas dan tidak tumpang tindih, agar inefisiensi sistem dapat dihindari.

SKP  disusun melalui telaah mendalam tentang situasi kesehatan Kepulauan Riau dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta kinerja pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan selama  ini. Disamping itu juga dilakukan analisis tentang lingkungan strategis Kepulauan Riau yang berubah secara dinamis. 

Dalam skala makro, SKP adalah sub-sistem dari Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dan juga merupakan  sub-sistem dari sistem pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Jadi penyusunan SKP ini juga  dilakukan dengan merujuk pada SKN dan Sistem Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau.

Sistem Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (selanjutnya disebut SKP), yang disusun oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepulauan Riau), bekerja sama dengan Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKEKK - FKMUI). 

Penyusunan SKP Kepulauan Riau disusun secara berkala sejak tahun 2011 yang lalu. Diawali dengan penyusunan draft awal (2011) serta finalisasi draft SKP (2012). Diharapkan pada tahun 2013 ini draft akhir SKP tersebut dapat ditetapkan dalam Peraturan Daerah (PERDA).

 

PENYUSUNAN SISTEM KESEHATAN PROVINSI KEPULAUAN RIAU
 

Site Map