Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
RAKERKESDA 2013 SEBAGAI MEDIA EVALUASI PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENGHADAPI SJSN PDF Print E-mail
Written by Abdul Rauf Rahim, SKM   
Wednesday, 10 April 2013 16:00

Dalam rangka mewujudkan sinkronisasi kegiatan dan program-program pembangunan antara Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit, Institusi kesehatan lainnya dan stakeholders terkait di Provinsi Kepulauan Riau dalam pembangunan kesehatan serta percepatan MDG’s 2015 di Provinsi Kepulauan Riau maka sebagai kegiatan tahunan, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) tahun 2013.

 Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Harmoni One Batam pada tanggal 8 s.d 10 April 2013 tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Menteri Kesehatan RI yang disaksikan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau dan Muspida Kepulauan Riau. Rakerkesda Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2013 memfokuskan pada peningkatan derajat kesehatan melalui peningkatan pembiayaan kesehatan, regulasi, fasilitas kesehatan, pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan termasuk peningkatan kualitas serta terdistribusi secara merata. Melalui rapat kerja ini diharapkan mampu memfasilitasi dan menghimpun berbagai sumber daya yang ada, memecahkan masalah-masalah kesehatan terutama dalam usaha peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia kesehatan antar kabupaten/kota dan lintas kabupaten/kota serta mengembangkan peran lintas sektor.

 Peserta Rakerkesda adalah seluruh elemen kesehatan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau antara lain Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau beserta jajarannya, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota beserta jajarannya, Kepala Instansi Vertikal Kementerian Kesehatan di Kepulauan Riau, PT askes dan PT Jamsostek, Organisasi-organisasi Profesi Kesehatan se Kepulauan Riau serta Lembaga Swadaya Masyarakat dan Lembaga Kesehatan lainnya

 Materi yang disajikan pada Rakerkesda tahun 2013 ini terkait persiapan implementasi SJSN antara lain Kebijakan dan Kesiapan Pemerintah Dalam Rangka Penyelenggaraan SJSN oleh pusat pembiayaan jaminan kesehatan Kemenkes RI; Kesiapan Ditjen Binfar dan Alkes dalam Jaminan Alkes dan Obat menyongsong BPJS 1 Januari 2014 oleh Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan; Kebijakan Kemenkes dalam percepatan Pencepatan Pencapaian MDGs di Bidang Pengendalian Penyakit oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan;

 Sebagai informasi dan sosialisasi serta dengar pendapat terkait pelaksanaan SJSN maka disampaikan juga materi Transformasi PT. Askes menjadi BPJS1 dalam Pelaksanaan SJSN 2014 oleh PT Askes, dan Kebijakan Sistem Jaminan Tenaga Kerja Formal dalam Pelaksanaan SJSN 2014 oleh PT Jamsostek. Materi Rakerkesda disempurnakan dengan penyampaian materi Arah dan Kebijakan Pebangunan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2014 oleh Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau.

 Kegiatan terakhir dalam Rakerkesda 2013 adalah diskusi terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Sistem Kesehatan Provinsi yang sementara dibahas oleh DPRD Provinsi Kepulauan Riau. Diskusi ini menitikberatkan pada regulasi pelayanan kesehatan serta sub-sub sistem lainnya yang terkait dalam SKP.

Last Updated on Monday, 15 April 2013 10:22
 

Site Map