Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2013 PDF Print E-mail
Written by Abdul Rauf Rahim, SKM   
Tuesday, 09 April 2013 16:00

Acara              : Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2013

Tempat           : Hotel Harmoni One, Batam Centre

Waktu            : tanggal 9 April 2013

Peserta          :

Pembukaan oleh Ibu Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, SpA, M.P.H

Wakil Gubernur Kepulauan Riau

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kepulauan Riau

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan

Jajaran Eselon II Kementerian Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri termasuk Kepala Sekretariat dan Kepala Bidang

Kepala instansi vertikal kementerian kesehatan di Kepulauan Riau

Kepala RS Pemerintah dan Swasta se Kepulauan Riau

Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau

PT Askes dan Jamsostek

Organisasi-organisasi Profesi Kesehatan se Kepulauan Riau

Lembaga Swadaya Masyarakat dan Lembaga Kesehatan lainnya

Angka kematian bayi di Provinsi Kepri adalah 35 per 1.000 kelahiran hidup sementara target MDGs adalah kurang dari 23 per 1.000 kelahiran hidup, artinya saudara harus terus bekerja keras dan cerdas untuk menurunkan angka kematian bayi ini.

Angka cakupan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau adalah 97,75%. Adapun target renstra adalah 88% sehingga pencapaian ini sudah lebih tinggi dari target nasional, Saudara harus terus mempertahankan angka cakupan tersebut.

Angka Penemuan Kasus TB Paru - BTA Positif di Provinsi Kepulauan Riau adalah 44,8% sedangkan rata-rata nasional adalah 82,3%, hal ini masih jauh dari capaian nasional. Sehingga saudara harus bekerja keras untuk mencapai target nasional.

Angka Keberhasilan Pengobatan Tb Paru – BTA Positif di Provinsi Kepulauan Riau adalah 76,9%. Adapun angka rata-rata nasional adalah 90,8%. Untuk itu perlu upaya yang lebih keras untuk mencapai angka nasional.

Peta ini menunjukkan situasi epidemi dan penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia tahun 2012. Apabila menilik dari situasi epidemi HIV/AIDS, provinsi Kepulauan Riau memiliki estimasi ODHA sebanyak 3.491. Peta ini menunjukkan penyebaran ODHA di seluruh provinsi di Indonesia dengan perkiraan jumlahnya di setiap provinsi.

Sementara itu data menunjukkan jumlah penderita AIDS di Kepulauan Riau sampai 2012 adalah 375 orang.

Slide ini menunjukkan peningkatan infeksi baru melalui populasi kunci apabila kita kurang aktif bekerja. Kita lihat di sini terjadi peningkatan infeksi baru pada Ibu rumah tangga dan LSL.

Angka kejadian Malaria yang ditandai dengan Annual Parasitical Incidence (API) di Prov Kepri adalah 2,25, sementara target MDGs API <1.

Capaian akses air minum berkelanjutan untuk Provinsi Kepulauan Riau mencapai 22,8 % hal ini jauh dari capaian rata-rata nasional 41,66%. Untuk itu perlu dilakukan upaya yang lebih keras guna mempercepat capaian MDGs 2015.

Untuk Kepulauan Riau sanitasi layak sudah mencapai 70,36% dari capaian nasional 56,24%. Kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap capaian ini, dan diharapkan dapat mempertahankan dan apabila memungkinkan bisa menambah capaian saat ini.

Pada grafik ini dapat kita ketahui tentang gambaran dari jumlah desa yang melaksanakan STBM per provinsi. Provinsi Kepulauan Riau mencapai angka 35 desa yang melaksanakan STBM, untuk itu masih perlu ditingkatkan guna mencapai seluruh desa di Kepulauan Riau yang melaksanakan STBM.

Kesimpulan, Ibu menteri kesehatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah provinsi Kepulauan Riau atas program terobosan yang dilakukan seperti program Dokter Keluarga, Bidan Desa dan Penanggulangan kemiskinan bidang kesehatan sehingga indikator-indikator kesehatan dapat tercapai seperti tersebut diatas

Last Updated on Tuesday, 14 May 2013 15:46
 

Site Map