Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Komitmen Bersama Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS di Provinsi Kepulauan Riau PDF Print E-mail
Tuesday, 13 March 2012 11:18

“Sebenarnya penandatanganan komitmen ini sangat penting, namun lebih penting pelaksanaannya......”, Demikian yang di ucapkan Wakil Gubernur Kepulauan Riau dalam sambutannya di acara Pertemuan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS dan Pemaparan Program Scalling UP the HIV Response Among Most at Risk Population (SUM) Kepada Wakil Gubernur.

Batam, 27 Januari 2011, dilaksanakan Pertemuan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS dan Pemapan Program Scalling UP the HIV Response Among Most at Risk Population (SUM) Kepada Wakil Gubernur.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Kepulauan Riau mengatakan Kasus HIV/AIDS dari tahun ke tahun di Provinsi Kepulauan Riau cenderung meningkat dan semakin mengkhawatirkan dimana kasus baru pada tahun 2011 adalah HIV: 702 kasus, AIDS 265 kasus dan Dead : 66 kasus. Kekhawatiran saat ini sejalan dengan penyebaran penyakit HIV/AIDS yang semakin meluas di masyarakat. Jika pada awal merebaknya penyakit HIV/AIDS ini hanya terjadi pada populasi tertentu antara lain seperti pengguna narkoba suntik, wanita pekerja seks komersil dan pelanggannya, namun saat ini penyakit HIV/AIDS sudah memasuki populasi umum. Bahkan belakangan ini sudah banyak kasus yang ditemukan pada ibu rumah tangga biasa, anak-anak dari ibu penderita, ataupun kelompok masyarakat lainnya yang mungkin pernah menjalani transfusi darah.

Melihat hal tersebut di atas, HIV/AIDS memerlukan penanganan yang serius dan konsisten dan tentunya bukan saja menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan yang cenderung lebih banyak berperan aktif, hal ini merupakan tanggungjawab bersama dan memerlukan dukungan dari lintas sektor.

Pada pertemuan ini telah di sepakati bersama Komitmen bersama antara Wakil Gubernur Kepulauan Riau , Dr. HM. Soerya Respationo, SH, MH. dengan 15 SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Selain di tandatanganinya komitmen bersama , juga disampaikan Program SUM kepada wakil Gubernur, yang merupakan betuk dukungan dan kerjasama Pemerintah Indonesia dan Amerika dalam upaya penanggualangan HIV/AIDS.

Penandatanganan kesepakatan ini merupakan suatu bentuk penguatan kemitraan dan koordinasi dari lintas sektor sebagai salah satu upaya dalam penanggulangan HIV/AIDS di Provinsi Kepulauan Riau, seuai dengan Strategi dan Rencana Aksi Nasional .

(Tim Redaksi Buletin Promkes)

Last Updated on Tuesday, 13 March 2012 11:54
 

Site Map