Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Sinkronisasi Perencanaan Penganggaran se-Kepulauan Riau sebagai Bahan Musrenbang Provinsi PDF Print E-mail
Written by perencanaan   
Tuesday, 04 April 2017 00:00

Perencanaan Penganggaran kesehatan adalah sebuah proses untuk merumuskan masalah-masalah kesehatan yang berkembang dimasyarakat, menentukan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia, menetapkan tujuan program yang paling pokok dan menyusun langkah–langkah praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tujuan pembangunan kesehatan adalah mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya guna mendukung tercapaiannya tujuan nasional bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan secara menyeluruh, terarah, terpadu dan berkesinambungan. Pembangunan kesehatan yang dilaksanakan dalam dasawarsa terakhir masih menghadapi berbagai masalah yang belum sepenuhnya dapat diatasi. Kesenjangan kualitas kesehatan dan akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu antar wilayah/daerah, gender dan antar kelompok status ekonomi merupakan dampak dari belum memadai jumlah, penyebaran dan mutu tenaga kesehatan serta terbatasnya sumber pembiayaan kesehatan. Permasalahan-permasalahan seperti ini membutuhkan pendekatan yang komprehensif mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah, serta keserasian Perencanaan Penganggaran program dan kegiatan yang dilakukan di pusat hingga ke daerah diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan kesehatan.

* Ceramah dan Diskusi oleh Kepala Dinas Kesehata Kepri Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes

Dalam rangka penyelenggaraan pembangunan kesehatan, perlu adanya pembiayaan kesehatan, yang bertujuan untuk penyediaan pembiayaan kesehatan yang berkesinambungan dengan jumlah yang mencukupi, teralokasi secara adil dan termanfaatkan secara berhasil guna dan berdaya guna. Pembangunan kesehatan harus dilaksanakan secara terintegrasi dan melibatkan seluruh unsur bangsa Indonesia baik pemerintah Pusat, Daerah Provinsi, daerah kabupaten/kota, swasta, organisasi dan masyarakat untuk memujudkan 5 (lima) sasaran prioritas pembangunan kesehatan yaitu penurunan AKI, AKB, prevalensi stunting dan pengendalian PTM dan ATM.

Pertemuan Perencanaan Penganggaran dan Evaluasi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017 dilaksanakan di Hotel Harmoni One Batam, 29 Maret 01 April 2017 guna terwujudnya sinkronisasi Perencanaan kegiatan usulan dana bersumber anggaran APBD I, APBD II , APBN Dekonsentrasi dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2018. Pertemuan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Tjetjep Yudiana, M. Kes.

Pertemuan dihadiri oleh Pejabat Perencanaan Penganggaran Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Pejabat Perencanaan RSUD Provinsi/Kabupaten/Kota, Pejabat/staf Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Bapelitbang Provinsi Kepulauan Riau dengan narasumber dari Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan RI, Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Bapelitbang Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Hasil dari Pertemuan ini nantinya akan diusulkan lebih lanjut ditingkat provinsi dalam forum Musrenbang Provinsi Kepulauan Riau untuk membahas dan mensingkronkan sejumlah program pembangunan dalam APBD dan APBN 2018.

Last Updated on Saturday, 13 May 2017 10:03
 

Site Map