Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Validasi Data Profil Kesehatan Kepulauan Riau 2017 PDF Print E-mail
Written by perencanaan   
Monday, 24 April 2017 00:00

Pembangunan kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari peranan kesehatan itu sendiri yang memegang peranan penting dalam sektor kehidupan lainnya. Bahkan dikatakan bahwa kesehatan itu adalah investasi yang memungkinkan seseorang dapat hidup produktif dan pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Besarnya peranan data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintah khususnya di bidang kesehatan disadari betul oleh Departemen Kesehatan RI. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dalam penentuan strategi utama pembangunan kesehatan, dimana salah satunya adalah peningkatan sistem surveilens, monitoring dan informasi kesehatan.

* Foto Bersama peserta Validasi data dengan Kadiskes Kepri Dr.H.Tjejep Yudiana, M.Kes yang didampingi oleh Kepala Sekretarat H.Ludi Harman, MM

Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu sarana yang memuat berbagai data dan informasi yang berkaitan dengan tingkat pencapaian Provinsi Kepulauan Riau Sehat dan penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum bidang kesehatan secara lengkap. Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat untuk menginformasikan derajat kesehatan masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepada masyarakat. Ketersediaan data dan informasi yang lengkap akan sangat bermanfaat untuk terutama dalam penentuan kebijakan dan perencanaan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dalam upaya menjaga validitas data, penyusunan profil kesehatan tahun 2016, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan validasi data kesehatan dengan mengundang penanggung jawab data dan informasi Dinas kesehatan kabupaten/kota dan pengelola data di masing-masing bidang Dinas Kesehatan provinsi. Kegiatan yang dilaksanakan di Bintan pada tanggal 17 s.d 19 April 2017 tersebut menghadirkan Pengelola Profil Kesehatan dari Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau serta pengelola Program di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Tjetjep Yudiana, M.Kes menekankan bahwa kualitas dan ketepatan waktu merupakan kewajiban seluruh pengelola data. Oleh karena itu setiap pengelola data wajib melakukan penilaian kualitas data masing-masing tingkatan sebelum dilaporkan ke tingkat diatasnya.

Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016 merupakan kelanjutan dari profil kesehatan tahun-tahun sebelumnya. Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini menggunakan data yang bersumber dari Profil Kesehatan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016, data program dan juga data pendukung dari lintas sektor.

* peserta validasi data dari Dinkes Lingga dan Anambas

Berdasarkan data yang dihimpun dalam validasi, tercatat bahwa pelayanan peningkatan derajat kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau cenderung mengalami peningkatan. Angka notifikasi Kasus BTA + dan seluruh kasus TB BTA (+) , Incidence Rate (IR) Demam Berdarah Dengue (DBD) dan jumlah penemuan kasus baru Kusta PB mengalami peningkatan. Cakupan pelayanan ibu bersalin dan kunjungan bayi mengalami peningkatanjika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu beberapa kasus penyakit cenderung menurun. Salah satunya adalah Angka Kesakitan Malaria (Annual Parasite Incidence/API). API tahun 2016 0,65/1.000 penduduk beresiko. API Provinsi Kepulauan Riau selama kurun waktu 5 (lima) tahun berturut-turut menunjukkan kecenderungan menurun.

Data situasi derajat kesehatan dan upaya kesehatan selama kurun waktu satu tahun selengkapnya akan dimuat dalam Buku Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016. Setelah validasi data ini terlaksana dan datanya sudah lengkap maka direncanakan Buku Profil Kesehatan akan terbit di Bulan Julia tau Juli 2016.

Last Updated on Saturday, 13 May 2017 09:17
 

Site Map