Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Asli Nusantara Untuk Kualitas Kesehatan Masyarakat Kepri PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Wednesday, 08 March 2017 00:00

Pengobatan tradisional merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Semua daerah di Nusantara memiliki kearifan lokal tentang pengobatan tradisional dan itu uterus diakui oloeh tiap-tiap masyarakat. Dewasa ini pelayanan pengobatan tradisional semakin marak bermunculan di berbagai Wilayah Nusantara. Termasuk juga wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Berbagai jenis dan cara/model pengobtan tradisional dan komplementer yang berkembang di masyarakat baik pengobatan tradisional asli Indonesia maupun yang diadopsi dari luar Indonesia.

Fenomena diatas merupakan tantangan besar bagi pemerintah menjalankan fungsi pembinaan kesehatan tradisional pada para pelaku pelayanan kesehatan tradisional di wilayah Provinsi Kepulauan Riau guna memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dan meminimalisir efek samping/dampak yang dapat merugikan masyarakat.


* Foto Bersama peserta dengan Narasumber (tengah,batik) bersama Kadiskes Kepri.


Pelayanan kesehatan  tradisional yang telah dimanfaatkan sejak dahulu dan sampai kini masih diakui keberadaannya oleh masyarakat serta masih diperlukan dukungannya dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan terterntu. Oleh karena itu pelayanan kesehatan tradisional perlu terus dibina,  dikembangkan, dan diarahkan agar menjadi pelayanan kesehatan yang dapat dipertanggung jawabkan keamanan dan manfaatnya sehingga tidak merugikan masyarakat dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kesehatan mendorong pihak-pihak untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan para pelaku pelayanan kesehatan Tradisional yang tersebar di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau dan membuka ruang komunikasi agar keamanan, keamanan serta kenyamanan pasien Kesehatan Tradisional sehingga kualitas kesehatan masyarakat dapat terjamin. Hal tersebut disampaikan oleh kepala dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau pada Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Tahun 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017 di CK Hotel & Convention Center Tanjungpinang.

Last Updated on Saturday, 13 May 2017 08:54
 

Site Map