Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Kelas Ibu Hamil Penuhi Hak Bumil di Lingkungan Pemprov Kepri Untuk Mendukung Target SDGs PDF Print E-mail
Written by Kesmas.kiagizi   
Monday, 10 April 2017 00:00

Upaya untuk mencapai Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) AKI dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan unfinish agenda SDGs 2015-2030. Pada Goals 3 yaitu Ensure Healty Lives an promote well – being for all at all ages,dimana kesehatan ibu dan anak merupakan target utama. Indikator yang harus dicapai pada goals 3 secara global adalah menurunkan AKI menjadi 70 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB 12/1000 Kelahiran hidup pada tahun 2030. Maka, dalam rangka mencapai target SDGs itu diperlukan upaya dan kesungguhan dan karena banyak kendala yang dihadapi salah satunya dengan kelas Ibu Hamil.


Seperti kita diketahui bahwa salah satu indikator yang harus dicapai dalam peningkatan kesehatan ibu adalah cakupan pelayanan antenatal yaitu K1 dan K4. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Seksi Kesga Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dari tahun 2015 menunjukan, akses terhadap pelayan pemeriksaan ibu hamil K1 telah mencapai 97,15% (target 95%), sedangkan kunjungan antenatal K4 masih 91,17% (target 95%).

Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan antenatal agar dapat mencapai K4 dan pelayanan kunjungan neonatal sampai Kn lengkap adalah melalui pemberdayaan keluarga dan masyarakat dengan pengembangan Kelas Ibu yang meliputi Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita. Kelas Ibu Hamil adalah sarana untuk belajar kelompok untuk ibu hamil yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalianan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, dengan menggunakan buku KIA.

Melalui kelas ibu hamil, diharapkan ibu hamil dapat lebih memahami isi buku KIA yagn didalamnya terdapat berbagai informasi tentang kehamilan, persalinan, nifas, KB perawatan bayi baru lahir dan akte kelahiran. Selama ini kelas ibu hamil telah dilaksanakan di tingkat Puskesmas bahkan tingkat Desa di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau dengan peserta ibu hamil di wilayah kerja masing-masing. Namun bagi ibu hamil yang bekerja dikarenakan kesibukan dengan waktu kerjanya tidak memungkinkan untuk mengikuti Kelas Ibu tersebut, padahal ibu hamil yang bekerja juga memiliki kebutuhan dan hak yang sama untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi seputar kehamilan dan nifas serta perawatan bayi.

Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melakukan upaya untuk memberikan kesempatan bagi ibu hamil yang bekerja di lingkungan Pemeritahan Provinsi Kepulauan Riau. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil ini akan dijadikan agenda rutin tiap bulan selama tahun 2017 yang dimulai dari bulan Maret hingga Desember. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ini sudah berlangsung selama tiga tahun. Dimulai pada tahun 2014 dengan melibatkan fasilitator-fasilitator Kelas Ibu dari puskesmas terkait. Adapun metode pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi Pre-test, penyampaian materi melalui media berupa lembar balik, pendalaman informasi dari buku KIA, diskusi dan tanya jawab dan post-test. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid. Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di ruang kerjanya beberapa waktu lalu

Last Updated on Saturday, 13 May 2017 09:53
 

Site Map