Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Bidan dan Kader Kesehatan Sasaran Uji Coba Media Poskesdes PDF Print E-mail
Friday, 09 May 2014 00:00

Bidan dan Kader Kesehatan Sasaran Uji Coba Media Poskesdes

(Pusat Promkes Uji Coba Media Poskesdes di 3 Provinsi)

Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melakukan uji coba media Poskesdes, di bagi jadi 3 Tim Provinsi diantaranya Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Kalimantan Selatan (5-8 Mei 2014). Untuk Provinsi Kepulauan Riau dipilih Puskesmas Kawal dan Kijang, dengan sasaran 10 orang Bidan dan 10 orang Kader Kesehatan (Kader Poskesdes, Kader Posyandu). Pusat Promkes didampingi 2 orang pengelola Program Promkes Dinas Kesehatan Provinsi, 2 orang pengelola Program Promkes Kabupaten/Kota, dan 4 orang pengelola Program Promkes di Puskesmas tempat Uji coba berlangsung.

Umumnya program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan serta kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Secara khusus bertujuan agar diperolehnya masukan dan saran guna penyempurnaan lembar balik dan buku saku bagi petugas kesehatan dan kader kesehatan di desa, dan diperolehnya masukan dan saran guna penyempurnaan media yang menyangkut pesan, warna, gambar, dan layout media. Lembar Balik, dan Buku Saku. Program Uji Coba Media Poskesdes ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif, dengan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) bersama Bidan dan Kader Kesehatan.

Dalam rangka menurunkan AKI dan AKB diperlukan upaya-upaya penyebarluasan informasi agar masyarakat mendapatkan pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan ibu dan anak yang disampaikan oleh Bidan/Perawat dan Kader Kesehatan yang ada di desa atau di fasilitas kesehatan lainnya. Untuk itu, Pusat Promosi Kesehatan telah membuat draft media dimaksud berupa lembar balik dan buku saku. Sebelurn kedua media tersebut digunakan, dipandang perlu untuk dilakukan uji coba kepada calon pengguna untuk mendapatkam masukan terhadap isi materi dan disain media Poskesdes.

Keberhasilan pembangunan kesehatan, salah satunya adalah adanya ketersediaan sarana pelayanan kesehatan dasar yang dapat diakses oleh masyarakat meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dengan melibatkan kader kesehatan. Peran serta masyarakat sangat diperlukan sebagai motor penggerak dan pelaku dalam pembangunan kesehatan ditandai dengan meningkatnya kemampuan hidup, mampu mengatasi masalah kesehatan secara mandiri. Hal ini diperlukan mengingat berbagai masalah kesehatan Indonesia saat ini termasuk kesehatan ibu, anak, kesehatan lingkungan, penyakit menular dan tidak menular, mengharuskan berbagai elemen masyarakat termasuk petugas kesehatan terus berupaya memberikan pendampingan kepada masyarakat termasuk memberikan berbagai informasi kesehatan agar setiap orang tahu, mau dan mampu ber-Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) sehingga masyarakat dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk keberhasilan pemberian informasi oleh petugas kesehatan maupun kader kesehatan untuk mengedukasi masyarakat baik individu maupun kelompok, dibutuhkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai. Kebutuhan berbagai media dan materi masih dirasakan perlu untuk melengkapi yang sudah pernah dikembangkan sebelumnya dan telah disusun materi dan pesan-pesan yang dikemas dalam bentuk lembar balik dan buku saku. Sebelum media tersebut digunakan, maka perlu dilakukan uji coba secara langsung ke pengguna untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan sehingga pesan-pesan yang mqtn disampaikan dapat dipahami dan diterima kelompok sasaran. ***(joni sandra)


Last Updated on Tuesday, 23 September 2014 10:30
 

Site Map