Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Kunker Dinkes Tidore Kepulauan ke Desa Siaga Provinsi Kepri PDF Print E-mail
Wednesday, 10 September 2014 23:23

Kunker Dinkes Tidore Kepulauan ke Desa Siaga Provinsi Kepri

Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bintan dan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau mengenai “Pengembangan Desa Siaga Aktif (9 s/d 15 Februari 2014). Rombongan Kunker langsung disambut Kadinkes.Bintan Mohammad Roem dan jajaran di ruang rapat Dinkes Bintan. Peninjauan lapangan rombongan didampingi Langsung Dinkes Provinsi Kepri diwakili Kabid.Promkes & Kesga Rizal Rinaldy,S.SiT, M.Kes dan Kasie.Promkes Arsenila Dewi Pramanti,S.Farm, Apt. Dari Dinkes Bintan diwakili Kabid.Promkes & UKBM Hj.Dwi Meiry Bintan dan Kasie.Promkes H.Jufri.

“Dipilihnya dua daerah ini karena Kabupaten Bintan pernah mendapatkan juara dua Lomba Desa Siaga tingkat Nasional Tahun 2013 dan Kota Batam juara satu lomba Posyandu tingkat Nasional Tahun 2012, maka kita mau lihat langsung bagaimana dua daerah ini memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat”, kata Soleman Mahmud,SKM, M.Kes Sekretaris Dinkes Kota Tidore Kepulauan.

Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas SDM untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan pengetahuan petugas khususnya pengelola dalam pengembangan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, meningkatkan pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam pembinaan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, Meningkatkan koordinasi pelaksanaan program yamg berkaitan dengan pengembingan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, Meningkatkan kualitas pelayanan Desa/Kelurahan Siaga Aktif kepada masyarakat, Meningkatkan pengembangan kemitraan dalam pembinaan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, Mengembangkan Desa Siaga sebagai wujud Pemberdayaan Masyarakat dalam membangun pemahaman, kesadaran dan kesiagaan kedaruratan dalam menghadapi bencana.

Sadriana,SKM,M.Kes Ketua Rombongan Kunker Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan menjelaskan bahwa, harapannya sekembali kunjungan kerja dari Bintan dan Batam itu dapat mengembangkan Desa Siaga yang ada di Kota Tidore ini menjadi Desa Siaga yang aktif dan memiliki strata Mandiri. Karena itu peran masyarakat termasuk swasta sebagai subjek maupun pelaku pembangunan wajib, menyelenggarakan pembangunan kesehatan; meningkatkan dan mensinergikan program kesehatan dalam Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) serta; menerapkan promosi kesehatan yang efektif dengan memanfaatkan agen of change setempat juga mobilisasi sektor lain untuk mendukung sektor kesehatan. Kegiatan yang dilakukan yang bersinergi dengan masyarakat adalah model pendekatan dan kebersamaan guna menfasilitasi percepatan dan pencapaian derajat kesehatan dengan mengembangkan kesiap-siagaan ditingkat desa yang biasa disebut dengan Desa Siaga.

“Kunker ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan khususnya petugas dan pengelola Desa Siaga Aktif. Pemerintah memiliki tanggungjawab untuk merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat, dalam hal ini adalah Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan guna memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat di desa dalam bentuk Desa Siaga Aktif”, jelas Sadriana Kasie.Promkes Dinkes Kota Tidore Kepulauan.*** (joni sandra)

Last Updated on Friday, 26 September 2014 02:32
 

Site Map