Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Tahun 2015, Tuntaskan Pemetaan Desa Siaga Aktif, Poskesdes dan UKBM PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Saturday, 28 June 2014 00:00

Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah sukses mengadakan kegiatan Pertemuan Pemetaan Desa Siaga Aktif, Poskesdes, UKBM Tingkat Provinsi Kepulauan Riau”, di Kabupaten Bintan (26-28 Juni 2014). Sejumlah 30 peserta berasal dari Dinkes Kabupaten/Kota, Lintas sektor yaitu BPS Kepri, BPMD dan Dinkes Kepri (Lintas program).

Kegiatan Pertemuan dibuka langsung Kepala Bidang Promkes & Kesga Dinkes Provinsi Kepulauan Riau, “Peningkatan Perilaku Hidup Sehat dan Kemandirian Masyarakat di Desa merupakan tanggungjawab kita bersama. Kita bertanggungjawab melakukan pembinaan secara terus menerus agar kader kesehatan yang ada termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat”, kata Rizal Rinaldy, S.SiT., M.Kes Kabid.Promkes & Kesga ini.


Dalam sambutannya, Rizal Rinaldy juga menegaskan bahwa setiap orang telah dijamin UU Kesehatan No.36 Tahun 2009, Pasal 6 ayat 2 yaitu setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. Dan setiap orang berkewajiban berprilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan yang setinggi-tingginya (Pasal 11).Provinsi Kepulauan Riau mempunyai 395 Desa/Kelurahan Siaga, dari jumlah tersebut terdapat 369 Desa/Kelurahan Siaga Aktif yang terdiri dari 235 Pratama, 92 madya, 32 Purnama dan 10 Mandiri, artinya di Provinsi Kepulauan Riau hampir seluruhnya dalam kondisi Desa Siaga Aktif. Kader Desa Siaga yang sudah dilatih sejumlah 1769 orang dari jumlah total aktif 3480 orang, Tokoh Masyarakat (Toma) yang sudah dilatih sejumlah 581 orang dari jumlah total aktif 1399 orang.

Hasil pertemuan disepakati peserta yang hadir dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepri, mulai dari Dinkes Tanjungpinang, Dinkes Batam, Dinkes Karimun, Dinkes Kabupaten Lingga, Dinkes Bintan, Dinkes Kepulauan Anambas, Dinkes Natuna, dan disaksikan Lintas Program & Lintas Sektor.

“Hasil pertemuan dituangkan dalam kesepakatan yang di tandatangani bersama agar terjadinya kesamaan persepsi melancarkan program-program peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat”, Kata Arsenila Dewi Pramanti,S.Farm. Apt. Kepala Seksi Promkes Dinkes Kepri. (joni sandra) ***

Kesepakatan Pertemuan Pemetaan Desa Siaga Aktif, Poskesdes, Ukbm Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2014, diantaranya :

  1. Defenisi Operasional Poskesdes yang beroperasi adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat(UKBM) yang dibentuk di Desa dengan tujuan untuk pelayanan kesehatan dasar dan masalah kesehatan lainnya yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dan 2 (dua) orang kader kesehatan.
  2. Pada kriteria Desa Siaga Aktif, Poskesdes masuk dalam persyaratan UKBM aktif lainnya.
  3. Pengumpulan data untuk pemetaan Desa Siaga, Poskesdes dan UKBM lain dikumpulkan paling lambat pada bulan September 2014 dan pengumpulan data alkes untuk UKBM ( Poskesdes/Posyandu) dikumpulkan paling lambat pada bulan Juli 2014.
  4. Data pemetan yang harus dikumpulkan:
  1. Desa Siaga Aktif diantaranya Peta Wilayah dari BPS; Data Desa Siaga berdasarkan criteria; dan Nama Desa.
  2. Poskesdes diantaranya Peta Wilayah dari BPS; Nama Poskesdes; Nama Desa; Alamat; dan Titik Koordinat (upaya lebih lanjut)
  3. UKBM diantaranya Peta Wilayah dari BPS; Nama UKBM; Nama Desa; Alamat; dan Titik Koordinat (Upaya lebih lanjut). ***

Last Updated on Thursday, 28 August 2014 17:36
 

Site Map