Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Kadinkes Kepri Buka Evaluasi Pelayanan Dokter Keluarga PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 27 June 2014 00:00

                                                                                 

Kadinkes Kepri Buka Evaluasi Pelayanan Dokter Keluarga

Terwujudnya keadaan sehat merupakan kehendak semua pihak. Tidak hanya orang-perorang atau keluarga, tetapi juga oleh kelompok bahkan oleh seluruh anggota masyarakat.Pembangunan kesehatan adalah bagian terpadu dari Pembangunan Nasional yang antara lain mempunyai tujuan untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan bathin. Upaya untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan tersebut telah banyak dilakukan baik untuk upaya kesehatan masyarakat maupun upaya kesehatan perorangan, namun demikian belum secara menyeluruh pelayanan kesehatan ini dapat dijangkau dan merata dirasakan oleh masyarakat. Kementerian Kesehatan sebagai penanggung jawab atas segala masalah kesehatan yang ada, dengan mempertimbangkan perkembangan masalah serta kecenderungan-kecenderungan pembangunan kesehatan kedepan telah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kewajibannya dan telah menetapkan visinya yaitu masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Masyarakat yang mandiri pada hakikatnya adalah masyarakat yang dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya dengan baik, masyarakat mampu mencegah terjadinya penyakit dan masyarakat mampu mengambil tindakan yang tepat untuk mencari pengobatan, serta mempunyai kemudahan dan hak yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Pelayanan Kedokteran Keluarga adalah suatu bentuk upaya kesehatan perorangan tingkat primer yang paripurna, menyeluruh, terpadu dan bersinambung yang memusatkan pelayanannya pada individu dalam konteks keluarga dan komunitas, untuk meningktkan akses pelayanan sampai tingkat pedesaan sehingga diharapkan meningkatkan cakupan program pelayanan terhadap masyarakat.

Upaya pelayanan kedokteran keluarga berpusat pada pasien, berfokus pada keluarga, dan berorientasi pada komunitas dan dapat dilaksanakan secara mandiri oleh dokter keluarga, atau dilaksanakan secara tim pelayanan kedokteran keluarga tetapi secara bertahap akan menjadi pelayanan dalam bentuk optimal.

Sebagaimana kita ketahui sarana pelayanan kesehatan dasar milik pemerintah maupun pelayanan kesehatan swasta berbasis masyarakat telah terdapat dihampir semua daerah perkotaan sampai wilayah kecamatan, namun demikian sampai saat ini upaya kesehatan termasuk upaya kesehatan strata pertama belum terselenggara secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan. Sejauh ini, berbagai kebijakan dalam bidang kesehatan di Indonesia seperti SKN telah menetapkan dokter keluarga sebagai pemberi pelayanan dokter strata pertama karena pembangunan kesehatan dikaitkan dengan pembangunan keluarga. Juga karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang sangat penting fungsinya dan strategis sekali dalam pembangunan sosial

Sampai saat ini Dokter Keluarga yang ada di Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 100 Orang, Pada Tahun 2011 sebanyak 100 orang Dokter Keluarga, 115 orang pada tahun 2012 dan untuk Tahun 2013 sebanyak 115 orang dokter keluarga. Perekrutan Dokter Kleuarga Ini perlu terus dilaksanakan agar Pelayanan kedokteran keluarga sebagai upaya kesehatan perorangan strata pertama yang mengacu pada kepentingan status kesehatan setinggi-tingginya dari pengguna jasa kesehatan dengan konteks keluarga perlu terus dikembangkan. Melalui pertemuan evaluasi dokter bisa memberikan gambaran dari perkembangan pelayanan kegiatan Dokter Keluarga yang ada di Kabupaten keluarga Provinsi Kepulauan Riau tahun 2014 ini diharapkan /Kota se-Provinsi Kepulauan Riau sebagai bahan evaluasi untuk kelanjutan program Dokter Keluarga kedepannya . (ADR)

Last Updated on Sunday, 14 September 2014 15:48
 

Site Map