Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Dinkes Kepri Lakukan Evaluasi Pelayanan Dokter Keluarga PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 27 June 2014 00:00

Organisasi kesehatan sedunia (WHO) dan Organisasi Dokter Keluarga Se-dunia (WONCA) telah menekankan pentingnya peranan dokter keluarga ini dalam mencapai pemerataan pelayanan kesehatan. Sebagai salah satu anggota WHO, Departemen Kesehatan  dan institusi pendidikan serta masyarakat profesional perlu menata  pelayanan kedokteran keluarga dalam suatu struktur yang tersistem. Untuk mendukung percepatan terselenggaranya pelayanan kedokteran keluarga dan pengadaan dokter keluarga, kebijakan nasional di bidang pelayanan kesehatan merupakan acuan mutlak agar perubahan ke arah sistem yang lebih baik berlangsung sinambung.

Saat ini upaya kesehatan, termasuk upaya kesehatan strata pertama belum terselenggara secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan meskipun sarana pelayanan kesehatan dasar milik pemerintah maupun pelayanan kesehatan swasta berbasis masyarakat terdapat di semua Kecamatan. Begitu pula dengan sistem rujukan upaya kesehatan perorangan juga belum dapat berjalan dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, perubahan yang fundamental harus dilakukan dalam sistem pelayanan kesehatan, fakultas kedokteran, profesi medik, dan institusi pendidikan kesehatan lainnya.

Sejauh ini, berbagai kebijakan dalam bidang kesehatan di Indonesia seperti SKN telah menetapkan dokter keluarga sebagai pemberi pelayanan dokter strata pertama karena pembangunan kesehatan dikaitkan dengan pembangunan keluarga. Juga karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang sangat penting fungsinya dan strategis sekali dalam pembangunan sosial

Paradigma baru pembangunan kesehatan yaitu paradigma sehat sangat membutuhkan model pendekatan pelayanan dokter keluarga. Hal itu karena paradigma sehat menekankan upaya pemeliharaan kesehatan yang mengutamakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif agar keluarga dan anggotanya dapat terus terjaga kesehatannya serta mengurangi beban sosial-ekonomi yang dikeluarkan untuk berobat, dan program Dokter Keluarga memiliki beberapa keunggulan : 1. Pelayanan kesehatan lini pertama; 2. Pelayanan kesehatan/medis yang bersifat umum; 3. Bersifat holistik dan komprehensif; 4. Pemeliharaan kesehatan yang berkesinambungan; 5. Pendekatan Keluarga. 

Melalui pertemuan evaluasi dokter keluarga Provinsi Kepulauan Riau tahun 2014 ini diharapkan bisa memberikan gambaran dari perkembangan pelayanan kegiatan Dokter Keluarga yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau sebagai bahan evaluasi untuk kelanjutan program Dokter Keluarga kedepannya. (ADR)

Last Updated on Thursday, 21 August 2014 16:43
 

Site Map