Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Pemutakhiran Data Farmasi, Alkes, Evaluasi DAK PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 25 April 2014 00:00

                                    

Seperti yang Di ketahui bersama, Data merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Dimana dalam hal ini Data kefarmasian dan alat kesehatan yang up to date sangat dibutuhkan untuk membuat profil data base kefarmasian dan alat kesehatan secara nasional. Data yang dikumpulkan adalah data kefarmasian dan alat kesehatan yang esensial sebagai dasar untuk perencanaan maupun laporan indikator kinerja. Dengan dilaksanakannya pemutakhiran data kefarmasian tingkat provinsi, maka diharapkan data yang terkumpul dapat lebih cepat, akurat dan tervalidasi sehingga dapat memperkecil kesalahan yang timbul. Data tersebut dapat memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan harus dilaporkan secara berkala serta berjenjang sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.

Sebagaimna tercantum dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, telah menetapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai salah satu sumber penerimaan daerah dalam pelaksanaan desentralisasi, diantaranya untuk meningkatkan pembangunan kesehatan, sehingga pemerintah baik pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah dapat menyediakan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau dan berkualitas.

 

Menu DAK Subbidang Pelayanan Kefarmasian Tahun 2014 ditujukan untuk mendukung pencapaian ketersediaan obat terutama obat pelayanan kesehatan dasar di Kabupaten/Kota. Hal ini juga untuk mendukung Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional yang sudah mulai dilaksanakan sejak 1 Januari 2014 yang lalu.

Pada pelaksanaannya diperlukan pemantauan dan evaluasi sehingga dapat memastikan pelaksanaan DAK tersebut di Provinsi/Kabupaten/Kota tepat waktu dan tepat sasaran sesuai dengan penetapan alokasi. Evaluasi diperlukan terhadap pemanfaatan DAK untuk memastikan pelaksanaan DAK bermanfaat bagi masyarakat di Provinsi/Kabupaten/Kota mengacu pada tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

 

Melalui Perencanaan dan Evaluasi Dana Alokasi Khusus (DAK) ini diharapkan alokasi dana DAK subbidang pelayanan kefarmasian yang diberikan melalui dana perimbangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat digunakan sesuai harapan dan target program Kefarmasian dan Alat kesehatan serta sesuai Renstra Kementerian Kesehatan RI. (ADR)

Last Updated on Thursday, 28 August 2014 17:52
 

Site Map