Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Faktor yang Mempengaruhi Gizi Masyarakat & Dampaknya Terhadap Masa depan bangsa PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 28 March 2014 00:00

Keadaan gizi masyarakat telah menunjukkan kecenderungan yang semakin membaik, hal ini ditunjukkan dengan menurunnya prevalensi kekurangan gizi pada anak Balita. Berdasarkan data yang dihimpun oleh bidang Seksi Gizi Komunitas Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Prevalensi gizi kurang di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2013 menurun yaitu dari 6,61 % menjadi 3,12 %, sedangkan cakupan penimbangan balita di Posyandu meningkat dari 49, 47 % menjadi 52,97 % (target 85 %). Cakupan Bayi yang mendapat ASI Eksklusif juga mengalami peningkatan yaitu dari 42,51 % menjadi 48,81 % (target 80 %).

Dalam penanganan masalah gizi, beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain, adalah masih tingginya angka kemiskinan, rendahnya kesehatan lingkungan, belum optimalnya kerjasama lintas sektor dan lintas program, melemahnya partisipasi masyarakat, terbatasnya aksesibilitas pangan pada tingkat keluarga terutama pada keluarga miskin dan daerah terpencil, masih tingginya penyakit infeksi, belum memadainya pola asuh ibu terhadap anak terutama Balita dan anak-anak serta rendahnya akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar.

Dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh masalah gizi tersebut diatas, dalam jangka pendek adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pertumbuhan fisik, dan gangguan metabolisme dalam tubuh. Sedangkan dalam jangka panjang efek buruk yang ditimbulkan adalah menurunnya kemampuan kognitif dan prestasi belajar, menurunnya kekebalan tubuh sehingga mudah sakit, dan resiko tinggi untuk munculnya penyakit diabetes, kegemukan, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, stroke, dan disabilitas pada usia tua. Kesemuanya itu akan menurunkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, produktifitas, dan daya saing bangsa. NF
 

Site Map