Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Workshop Standar Akreditasi Rumah Sakit PDF Print E-mail
Written by ADR   
Wednesday, 26 March 2014 00:00

Pembangunan kesehatan dibidang pelayanan langsung seperti Rumah sakit, bertujuan untuk meningkatkan mutu, cakupan dan efisiensi pelaksanaan rujukan medik dan rujukan kesehatan secara terpadu serta meningkatkan dan memantapkan manajemen pelayanan kesehatan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan penilaian.

Sejalan dengan perubahan sosial budaya masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan perkembangan informasi yang demikian cepat dan diikuti oleh tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang lebih baik mengharuskan sarana pelayanan kesehatan untuk mengembangkan diri secara terus menerus seiring dengan perkembangan yang ada pada masyarakat tersebut. Pengembangan yang dilaksanakan tahap demi tahap berusaha untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap dapat mengikuti perubahan yang ada

Dengan tuntutan tersebut maka Dinas Kesehatan Propinsi Kepulauan Riau melakukan suatu standarisasi terhadap pelayanan rumah sakit dengan tujuan memberikan kepuasan pelayanan kesehatan kepada pasien maupun melindungi pasien dan rumah sakit dari suatu kejadian yang dapat merugikan kedua belah pihak. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya permasalahan yang timbul dikarenakan dalam melakukan pelayanan kesehatan termasuk aspek medikolegal terhadap pelayanan kesehatan kepada pasien.              

Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Rumah Sakit karena telah memenuhi standar yang telah ditentukan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit. Dalam Undang-undang No.44 Th 2009 tentang Rumah Sakit pasal 40 menyatakan Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali. 

Perubahan paradigma standar akreditasi baru diaplikasikan pada pelayanan berfokus pasien, patient safety menjadi standar utama, kesinambungan pelayanan harus dilakukan baik saat merujuk keluar maupun serah terima pasien di dalam RS, proses akreditasi bukan hanya meneliti secara cross sectional tetapi juga longitudinal, serta hasil survey pencapaian RS terhadap skoring yang ditentukan berupa level-level pencapaian pratama, madya, utama dan paripurna.

Manfaat langsung dari akreditasi baru, yaitu terbentuknya budaya mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pasien sesuai standar di Rumah Sakit, terlindunginya pasien/masyarakat dari layanan kesehatan yang tidak bermutu, sebagai salah satu syarat peningkatan kelas Rumah Sakit, peningkatan kesejahteraan Rumah Sakit.

Melalui Workshop Standar Akreditasi Rumah Sakit tahun 2012 tingkat Provinsi Kepulauan Riau diharapkan rumah sakit dan semua pihak terkait dapat memahami akan pentingnya akreditasi dan melaksanakan akreditasi versi terbaru di rumah sakit masing-masing. Yang pada akhirnya juga bermanfaat bagi pihak rumah sakit sebagai pengelola yang profesional, sehingga fungsi sosial, bisnis dan fungsi iptek dapat dilaksanakan dengan baik.

Tujuan umum dari kegiatan ini agar setiap rumah sakit dapat melaksanakan standar akreditasi versi terbaru tahun 2012 sebagai standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan tujuan khusus dilaksanakan kegiatan Workshop Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012 diantaranya:

1. Agar peserta dapat mengetahui tujuan dan manfaat standar akreditasi RS 2012

2.Agar Peserta dapat mengetahui mekanisme pelaksanaan Standar akreditasi RS 2012

3. Adanya bimbingan / pembinaan dalam upaya meningkatkan kinerja manajemen

rumah sakit dalam menghadapi akreditasi RS 2012

4.Diketahuinya persiapan yang diperlukan pada pelaksanaan intrumen standar akreditasi rumah sakit 2012.

5. Agar peserta dapat menyebarluaskan informasi tentang Workshop standar

akreditasi RS 2012 kepada seluruh staf yang  terkait

Nara Sumber dari kegiatan ini adalah Komisi Akreditasi Rumah Sakit dari Kementerian Kesehatan RI

Peserta Workshop berjumlah 55 orang yang berasal dari rumah sakit pemerintah dan swasta yang belum terakreditasi dari kabupten/kota di wilayah provinsi kepulauan riau. Yang dilaksanakan Tanggal 24 s.d 26 Maret 2014 yang bertempat Tanjungpinang (ADR)

Last Updated on Thursday, 28 August 2014 17:43
 

Site Map