Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Kabupaten KarimunTerbaik I Penyusunan Profil Kesehatan tahun 2014 PDF Print E-mail
Written by FH   
Friday, 06 June 2014 00:00

 

 

Penilaian Kabupaten/Kota penyusun dan Puskesmas Profil Kesehatan Terbaik se Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu reward yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. Adanya perhatian ini diharapkan dapat menyemangati petugas penyusun Profil Kesehatan di Kabupaten/Kota dan Puskesmas untuk menerbitkan Buku Profil Kesehatan yang lebih baik.

Penyusun Profil Kesehatan Kabupaten/Kota terbaik I tahun ini diberikan kepada Kabupaten Karimun dan Terbaik II adalah Kota Tanjungpinang. Sedangkan Penyusun Profil Kesehatan Puskesmas terbaik I adalah Puskesmas Batu 10 Kota Tanjungpinang dan terbaik II Puskesmas Meral Kabupaten Karimun. Aspek penilaian terdiri dari ketepatan waktu penyusunan Buku Profil dan konsistensi data. Tim Penilai terdiri dari Penyusun Profil Kesehatan Provinsi dan perwakilan Bidang di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. Penilaian dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada Pemutakhiran Data Profil kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Ibu Vesya Sitohang, mewakili Kementerian Kesehatan RI dalam sambutannya menyebutkan bahwa sumberdaya yang ada di Provinsi Kepulauan Riau sangat memungkinkan untuk jalannya program data dengan baik namun yang perlu diperhatikan oleh provinsi adalah masih minimnya Sumberdaya Manusia yang konsen pada urusan pengumpulan dan analisis data. Beliau sangat mengapresiasi upaya Dinas Kesehatan Provinsi dalam melakukan reward untuk meningkatkan kinerja petugas. Selanjutnya, Kasubbag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Hidayatullah menyebutkan bahwa perhatian dalam bentuk punishment (sanksi) telah sering dilakukan baik dalam bentuk teguran lisan maupun tertulis kepada Puskesmas dan Kabupaten/Kota yang kurang konsisten melakukan penyusunan Profil Kesehatan. Pada tahun ini dan selanjutnya diupayakan sanksi dan reward akan diberikan sejalan dan seimbang.

Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk memperoleh data dan informasi kesehatan yang pada intinya menggambarkan tingkat pencapaian Provinsi Kepulauan Riau Sehat dan penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Profil Kesehatan juga dapat digunakan sebagai jendela untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah.

Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2013 merupakan kelanjutan dari Profil Kesehatan tahun-tahun sebelumnya. Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini menggunakan data yang bersumber dari Profil Kesehatan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau tahun 2013, data program dan juga data pendukung dari lintas sektor. Dalam upaya untuk mendapatkan data yang valid dan akurat sebelum penyusunan Profil Kesehatan perlu dilakukan pemutakhiran data dengan mengundang perwakilan tim penyusun Profil Kesehatan Kabupaten/Kota. (FH)
Last Updated on Friday, 18 July 2014 14:03
 

Site Map