Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Membangun Komitmen Pokjanal Masyarakat Menuju Desa/Kelurahan Siaga Aktif PDF Print E-mail
Friday, 29 November 2013 00:00

Membangun Komitmen Pokjanal Masyarakat Menuju Desa/Kelurahan Siaga Aktif

Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan program kegiatan pertemuan Koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Desa/Kelurahan Siaga Aktif dan Forum Masyarakat Desa (FMD) tahun anggaran 2013 di daerah Kabupaten Bintan dan Lingga. Pertemuan ini sebagai sarana koordinasi dan pembinaan Desa Siaga agar lebih terarah dalam membina pengembangan Desa Siaga yang telah terbentuk menjadi Desa Siaga aktif.

Provinsi Kepulauan Riau mempunyai 371 Desa/Kelurahan, dari jumlah tersebut 82% adalah Desa/Kelurahan Siaga Aktif dengan persentase strata Desa terdiri dari Desa Siaga Pratama 69,2 %, Madya 12,3 % dan Purnama 0,5%. Perkembangan minimal yaitu ada Forum Masyarakat namun belum berjalan dengan kader masih 2 orang, akses pelayanan kesehatan sudah ada, UKBM hanya Posyandu saja, sumber dana penyelenggaraan hanya dari Dinas Kesehatan selaku pemegang program, peran serta masyarakat ada namun tidak ada dukungan dari organisasi masyarakat dan belum memiliki kebijakan dari Kepala Desa/Lurah serta pembinaan PHBS yang masih kurang dari 20%.

Pokjanal Pembinaan Desa/Kelurahan Siaga Aktif adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Desa/Kelurahan Siaga Aktif yang berkedudukan di Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Peningkatan koordinasi Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga Aktif di setiap jenjang administrasi pemerintahan sangatlah penting, sebab Pokjanal & Forum diharapkan dapat menjadi tulang punggung dalam pengembangan Desa/Kelurahan siaga aktif. Oleh karena itu, rencana aksi Pokjanal Desa/Kelurahan siaga aktif tingkat Provinsi penting untuk segera dirumuskan agar Rencana Aksi Pokjanal tingkat Kabupaten/Kota mudah di akselerasi. Sasaran operasional 80% Desa/Kelurahan yang ada di Indonesia telah menjadi Desa/Kelurahan Siaga Aktif pada tahun 2015.

Pertemuan Pokjanal dan Forum secara umum bertujuan untuk Percepatan terwujudnya masyarakat Desa/Kelurahan yang peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang di hadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat. Khususnya Pertemuan Koordinasi ini bertujuan untuk : Koordinasi Tim Pokjanal Desa Siaga Akif dalam pengembangan Desa Siaga Aktif; Meningkatkan komitmen dan kerjasama Tim Pokjanal Desa/Kelurahan Siaga; Penguatan Tim Pokjanal dalam Pengembangan Desa/Kelurahan Siaga Aktif; Koordinasi bagi Forum Masyarakat Desa yang di wakili oleh Kader dan Tokoh Masyarakat Desa; Meningkatkan komitmen dan kerjasama Anggota Forum Masyarakat Desa/Kelurahan Siaga; dan Penyegaran bagi Kader dan Tokoh masyarakat tentang Desa/Kelurahan Siaga Aktif.

Proses pengembangan Desa/Kelurahan siaga aktif menganut konsep pemberdayaan masyarakat, menuju kemandirian khususnya bidang kesehatan dimana memerlukan proses yang harus dilakukan oleh masyarakat sendiri dengan mendapat fasilitas dari berbagai pihak baik Pemerintah, Pemerintah daerah, Pemerintah Desa/Kelurahan, organisasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan maupun unsur masyarakat luas termasuk dunia usaha/swasta. *** (joni sandra)

LEMBAR KESEPAKATAN

Last Updated on Monday, 25 August 2014 11:54
 

Site Map