Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Kepala Dinas Kesehatan buka Rakor LP/LS Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional 2013 PDF Print E-mail
Monday, 14 October 2013 00:00

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau TJETJEP YUDIANA, S.KM, M.Kes, menyampaikan sambutan sekaligus meresmikan acara  Rapat Koordinasi LP/LS mengenai Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan tradisional Tahun 2013 kepada peserta Pemegang program kesehatan tradisional di Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota dan LP/LS terkait,beserta pengurus SP3T Provinsi Kepulauan Riau dan TP-PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota di Hotel Pelangi Tanjungpinang (09/11) Oktober 2013.


Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini bertujuan  yaitu meningkatkan pemahaman tentang Sentra P3T yang berperan dalam menggali local wisdom dan mengembangkan pemanfaatan potensi pelayanan kesehatan tradisional yang aman, bermanfaat dan bermutu di wilayah Propinsi Kepri serta meningkatkan bimbingan, pengawasan dan pengendalian terhadap pengobat tradisional yang ada.


Di dalam sambutan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau menjelaskan akan pentingnya tujuan Peningkatan Kesehatan di indonesia. Dari pentingnya Tujuan Pembangunan kesehatan tersebut yaitu meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat dan mampu mengatasi masalah kesehatan sederhana terutama melalui upaya pencegahan dan peningkatan upaya pemerataan pelayanan kesehatam agar terjangkau oleh masyarakat sampai kepelosok pedesaan, maka upaya pengobatan tradisional merupakan suatu alternatif yang tepat sebagai pendamping pengobatan tradisional modern.


Pengobatan dan obat tradisional telah menyatu dengan masyarakat, digunakan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan baik di desa maupun dikota-kota besar. Kemampuan masyarakat untuk mengobati sendiri, mengenai gejala penyakit dan memelihara kesehatan. Untuk ini pelayanan kesehatan tradisional merupakan potensi besar karena dekat dengan masyarakat, mudah diperoleh dan relatif lebih murah daripada obat modern.

 

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia, baik berupa tumbuhan tropis maupun biota laut. Sekitar 30.000 jenis tumbuhan dapat ditemukan di indonesia dan 7000 diantaranya diduga memiliki khasiat sebagai obat. Nenek moyang kita sejak zaman dahulu telah mengajarkan secara turun temurun dalam meracik dan memanfaatkan tanaman obat yang ada di alam. Setiap daerah mempunyai cara dan jenis pengobatan yang beraneka ragam yang terus berkembang yang dimanfaatkan hingga sekarang.


Potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam pelayanan kesehatan tradisional di Indonesia sangat banyak dan beragam jenisnya. Sudah saatnya kita mulai mendayagunakan sumber daya tersebut untuk kita manfaatkan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Di dunia internasional sementara ini telah memanfaatkan potensi pengobatan tradisional antara lain negara cina, vietnam, korea jepang sangat berkembang dengan pesat. Kita berharap indonesia yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah sebagai bahan baku herbal (obat ramuan tradisional) bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai bahan baku hebal (obat ramuan tradisional) sehingga dapat bersaing dengan negara-negara tersebut. Paradigma pelayanan kesehatan tradisional saat ini sudah sangat pesat seiring dengan  berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Mari kita sama-sama mewujudkan pelayanan kesehata tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannnya bagi kesehatan serta tidak bertentangan dengan norma agama dan budaya yang ada di Indonesia.

 

Site Map