Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Pertemuan Bimbingan dan Survey Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2013 PDF Print E-mail
Wednesday, 17 July 2013 12:21

Rumah sakit merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa dengan ciri - ciri padat karya, padat modal, padat teknologi, padat masalah dan padat umpatan serta menjadi tempat rujukan bagi unit-unit pelayanan kesehatan dasar. Semakin maju pembangunan maka tuntutan akan mutu pelayanan kesheatan di rumah sakit juga semakin meningkat. Oleh karena itu upaya untuk menjaga dan meningkatkan mutu layanan kesehatan rumah sakit melalui kegiatan akreditasi rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta. Dimana akreditasi merupakan suatu mengakuan dari pemerintah terhadap rumah sakit untuk melindungi rumah sakit dari tuntutan pasien yang kurang mengerti dari suatu proses pelayanan maupun tindakan medis. Karena rumah sakat yang sudah terakreditasi berarti memiliki standart daslam melakukan setiap tindakan medisnya sehingga dapat meminimalisir suatu tindakan. Saat ini akreditasi juga sudah mengikuti MDG’s yang juga akan sesuai dengan standar Internasional. Hal ini juga membuka peluang bahwa rumah sakit di Indonesia bisa memiliki pelayanan yang sama dengan rumah sakit di luar negeri.

Pertemuan akreditasi irumah sakit ini dilaksanakan dengan tujuan agar setiap rumah sakit dapat melakukan akreditasi untuk memenuhi standarisasi oleh memerindah dengan mengetahui  tujuan, manfaat, mekanisme pelaksanaan akresitasi RS, cara pembinaan dan bimbingan dalam upaya meningkatkan kinerja manajemen rumah sakit dalam menghadapi akreditasi.

Pertemuan ini dilaksanakan di Hotel Pelangi tanggal 24 - 26 April 2013 sebanyak 47 orang dengan narasumber dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Prov Kepulauan Riau dan perwakilan dari Rumah Sakit yang sudah terakreditasi.

Melakui pertemuan bimbingan dan survei akreditasi rumah sakit tingkat provinsi diharapkan rumah sakit dan semua pihak terkait dapat memahami akan pentingnya akreditasi dan melaksanakan akreditasi rumah sakit masing - masing. Yang pada akhirnya juga bermanfaat bagi pihak rumah sakit untuk pengelola yang profesional, sehingga fungsi sosial, bisnis dan fungsi Iptek dapat dilaksanakan dengan baik.
 

Site Map