Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Perencanaan dan Penganggaran melalui Aplikasi E-Renggar PDF Print E-mail
Monday, 17 June 2013 16:00

Peran teknologi informatika semakin dirasakan manfaatnya. Khususnya dalam dunia kerja baik swasta maupun pemerintah. Semisalnya adalah penggunaan software atau aplikasi komputer yang memuat tentang proses-proses perencanaan dan penganggaran. Salah satu software yang saat ini tengah dimanfaatkan dalam lembaga pemerintahan adalah E-Renggar. Dalam rangka mendukung proses perencanaan dan penganggaran di lingkungan Kementerian Kesehatan secara elektronik, maka dikembangkan aplikasi E-Renggar.

E-Renggar ditujukan untuk mempermudah kerja dari petugas pelaksana perencanaan, penganggaran dan monitoring evaluasi dengan menggunakan sistem terpadu berbasis online.  kegunaan dari aplikasi E-Renggar antara lain adalah untuk mengimplementasikan tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya dalam proses perencanaan yaitu evidence based planning  dalam setiap tahapan. Selain itu juga untuk mengefisiensikan kerja dengan sistem online yang terukur dan transparan.

Tidak hanya itu, E-Renggar juga dapat memperkuat peran Provinsi sebagai wakil pemerintah pusat sesuai Permendagri nomor 24/2011. Dan dari aspek lingkungan aplikasi ini juga akan mendukung program go-green dengan mengurangi salinan dokumen fisik dalam proses pengusulan dan perencanaan. "E-Renggar akan menjadi sistem utama dalam proses perencanaan, penganggaran dan monitoring serta evaluasi.

Jenis pembiayaan yang dikelola oleh E-Renggar adalah dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) baik murni atau perubahan dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Pengguna aplikasi ini adalah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai super admin dan terbagi atas kewenangan sebagai berikut yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk dana APBN TP dan DAK , RSUD Kabupatan/Kota untuk dana APBN TP dan DAK, RSUD Propinsi untuk dana APBN TP dan DAK, Dinas Kesehatan Propinsi untuk dana APBN (sebagai Dekon)

Para peerta yang berbahagia,sistem ini juga akan mulai dipakai untuk perencanaan tahun anggaran 2014."Mulai 1 Januari 2013 Sistem mulai dipakai untuk penganggaran tahun anggaran 2014 dan mulai dipakai juga untuk monitoring dan evaluasi tahun anggaran 2013. Untuk perencanaan tahun 2014, kita sudah wajib menggunakan sistem E-Renggar
Last Updated on Wednesday, 17 July 2013 13:07
 

Site Map