Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Data Kesehatan Secara Nasional dimutakhirkan PDF Print E-mail
Wednesday, 01 May 2013 10:44

Pemutakhiran data kesehatan nasional dilaksanakan pada tanggal 30  April – 3 Mei 2013 di Bogor. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Bapak drg Oscar Primadi MPH ini diikuti oleh 33 pengelola Profil Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Kapusdatin menyampaikan issu strategis penyusunan Profil Kesehatan antara lain diperlukan pengkinian (update) data DBK (Daerah Bermasalah Kesehatan) yang bisa diakses oleh Presiden, Wakil Presiden, Gubernur, Walikota/Bupati; Kemampuan pengelolaan SIK (Sistem Informasi Kesehatan) masih terbatas; Kegiatan pengelolaan data dan informasi masih belum menyeluruh; serta, keterbatasan sumber daya.

Upaya yang dilakukan dalam menghadapi issu strategis tersebut antara lain diterapkannya Road Map Rencana Aksi Penguatan Sistem Informasi Kesehatan Indonesia; Ditetapkannya Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Sistem Informasi Kesehatan; Peningkatan koordinasi pengelola data di pusat dan daerah; Pengembangan data Warehouse (Bank Data); Penyediaan jaringan komunikasi data pusat dan daerah; serta, pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik.

Dalam upaya untuk mendapatkan data yang valid dan akurat sebelum penyusunan Profil Kesehatan dilakukan pemutakhiran data. Penyusunan Profil Kesehatan Nasional menggunakan data yang bersumber dari Profil Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia dan dari Unit Utama Kementerian Kesehatan. Kepulauan Riau sendiri telah melaksanakan pemutakhiran data kesehatan tahun 2012 pada bulan februari yang lalu dengan peserta seluruh pengelola data Dinke Kabupaten/Kota dan Bidang di Dinkes Provinsi. Data Kesehatan Kepulauan Riau yang bersumber dari data kesehatan kabupaten/kota se-Kepulauan Riau telah rampung dan siap untuk dimutakhirkan secara nasional. Data tersebut saat ini sedang dalam proses analisis untuk segera didesiminasi dalam bentuk buku profil kesehatan, buku saku dan melalui website.

Buku Profil Kesehatan ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk memperoleh data dan informasi kesehatan yang pada intinya menggambarkan tingkat pencapaian dan penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Profil Kesehatan juga dapat digunakan sebagai jendela untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah.

Last Updated on Friday, 06 September 2013 17:50
 

Site Map