Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Advokasi Kestrad 2017 Untuk Kesiapan Yankestrad Di Kepri PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Thursday, 16 March 2017 00:00

Dewasa ini ada kecenderungan yang terjadi dikalangan masyarakat, dimana mereka mulai membuka diri dalam mencari solusi pemecahan permasalahan kesehatan. Banyak dari mereka mengatasinya bukan hanya melalui lembaga konvensional, seperti  berobat ke dokter atau rumah sakit, namun mulai beralih ke lembaga non-konvensional atau alternatif/kesehatan tradisional. Seiring dengan paradigma untuk back to nature, pengobatan secara non-konvensional atau alternatif yang tersebar di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau di masa mendatang akan megalami perkembangan. Kestrad selaras dengan kemajuan di bidang pengobatan konvensional atau medis.

Informasi mengenai kesehatan tradisional berupa lembaga/praktisi alternatif/spiritual yang membuka praktik secara benar dengan ilmu, metode dan tujuan yang jelas dan tepat perlu disampaikan  secara bijak kepada masyarakat agar masyarakat tidak menjadi korban malpraktik karena telah salah di dalam memilih lembaga/praktisi alternatif dan spiritualis.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah menyusun beberapa kegiatan jangka pendek dan jangka panjang, antara lain peningkatan kualitas petugas Hatra (Penyehat Tradisional), penguatan tim pembina Kabupaten/Kota/Kecamatan, pendataan pengobatan tradisional di masing-masing wilayah puskesmas, pembinaan Hatra melalui puskesmas, dan pembinaan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Di samping itu, akan dilakukan integrasi dengan sarana kesehatan dan pengembangan kesehatan tradisional di sarana kesehatan konvensional (Puskesmas dan Rumah Sakit).

Pemerintah sangat mengapresiasi berkembangnya Pengobatan Tradisional di Provinsi Kepulauan Riau melalui advokaso kestrad, hanya saja kesiapan di Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota sampai ke puskesmas baik dari tenaga, sarana dan prasarana masih perlu dukungan dari pusat terutama dari sisi anggaran. Hal tersebut disampaikan oleh Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau pada Pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Tahun 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017 di CK Hotel & Convention Center Tanjungpinang.
Last Updated on Saturday, 13 May 2017 09:21
 

Site Map