Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Implementasi GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT di Provinsi Kepulauan Riau PDF Print E-mail
Written by Kesmas.prompkes   
Wednesday, 01 February 2017 00:00

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Namun tidak bukan berarti pelaksanaan GERMAS Lingkungan keluarga, Lingkungan kerja, Lingkungan sekolah Dan lain lain dapat juga dilakukan tanpa membutuhkan biaya yang besar.

GERMAS menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat. GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

Guna Implementatif Gerakan Masyarakat Hidup sehat (GERMAS) di Provinsi Kepulauan Riau. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau saat ini mulai melakukan sosialisasi di berbagai kesempatan seperti pada pelaksanaan sepeda santai GOWES tahun 2017 pada tanggal 22 Januari 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Statr)dimulai dari komplek perkantoran Dompak kemudian berakhir (Finis) di halaman Gedung Daerah bersamaan juga dengan pelaksanaan senam rutin bersama bertempat di halaman Gedung Daerah Kota Tanjungpinang yang dihadiri Gubernur Kepri, Berbagai Instansi Pemerintahan, Organisasi Profesi Kesehatan dan berbagai Komunitas masyarakat.

Acara Sepeda Santai GOWES dan Senam Rutin Bersama pada tanggal 22 Januari 2017 sekaligus menjadi moment penggerak untuk membudayakan Gerakan Masyarakat hidup Sehat / GERMAS. Upaya untuk mempromosikan GERMAS melalui dialog singkat dan kuiz dengan masyarakat yang diakhiri dengan penyerahan hadiah. Penyebarluasan informasi melalui pembagian media promosi (Poster dan Kalender) kepada warga masyarakat yang hadir secara gratis. Tujuan dari upaya ini adalah guna menyampaikan edukasi / informasi akan urgensi dan manfaat dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) secara langsung kepada masyarakat dalam bentuk nyata ;

-       Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari

-       Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari

-       Mengecek kesehatan secara rutin

-       Tidak Merokok.

-       Menjaga Kebersiahan Lingkungan serta

-       Menggunakan jambn Sehat

Selain itu pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan kesehatan (Cek Gula darah) gratis pada warga masyarakat yang hadir. diharapkan efek serangkaian kegiatan tersebut dapat menjadi stimulus pada perubahan perilaku keluarga dan masyarakat menuju jiwa yang kemandirian, khususnya dalam mengenali risiko penyakit.

Last Updated on Friday, 21 April 2017 21:33
 

Site Map