Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
PELATIHAN INTEGRASI DATA TAHUN 2014 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 30 May 2014 00:00

Kementerian Kesehatan RI telah mangadakan Pelatihan Integrasi Data tahun 2014 Tingkat Nasional di Bogor, Jawa Barat.  Peserta yang di undang  berasal dari  Pengelola Data dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten /Kota. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa s.d  jumat tanggal 20-23 Mei 2014. Undangan termasuk Pengelola Data dan Informasi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, drg.Oscar Primadi, M.Kes mengemukakan bahwa Data dan Informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis bagi suatu organisasi yang melaksanakan prinsip-prinsipmanajemen modern. Data dan Informasi di gunakan seabagai masukan dalam proses pengambilan keputusan. Di bidang kesehatan, kebutuhan data dan informasi yang Evidence Based sangat besar baik di kabupatn /kota untuk operasionalisasi program . Dan di Provinsi bertugas sebagai penentuan strategi program, maupun di pusat bertugas sebagai  menentukan kebijaksanaan nasional. Kebutuhan Data dan Informasi kesehatan dapat di penuhi melalui penyelenggaraan system informasi kesehatan.

Kondisi saat ini masing-masing program mengembangkan sistem informasi karena tidak termanfaatkan nya SIMPUS (SP2TP/SP3). Sistem informasi Rs dan sistem infomasi lainnya terpisah (terfragmentasi ). Format pelaporan dan pencatatan tidak sesuai standart sehingga dapat menimbulkan masalah dalam penggabungan data (belum terintegrasi) hal ini berdampak pada ketersediaan data di Kementrian Kesehatan. Oleh karena itu pusat data dan informasi menyusun dataset prioritas yang merupakan kebutuhan informasi di level pusat(Kementrian Kesehatan RI) yang merupakanbagian dari dataset provinsi dan kab/kota. Data prioritas ini dilaporkan melalui Aplikasi Komunikasi Data yang menampilkan 115 variable yang di sajikan 38 dashboard.

Oleh karena itu, diperlukan pelatihan Integrasi Data bagi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/ Kota untuk mengembangkan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan dan mengelola akses terhadap terhadap data yang salah satu nya melalui Aplikasi Komunikasi Data. FH
Last Updated on Friday, 18 July 2014 19:35
 

Site Map